oleh

Plt Bupati Indramayu: Tetap Waspada, Curah Hujan Masih Tinggi

PLT Bupati Indramayu Taufik Hidayat merespons cepat terjadinya musibah banjir yang melanda Kecamatan Sukra dan Patrol. Setelah menerima laporan terjadi bencana alam di dua kecamatan itu, Taufik langsung menuju ke lokasi banjir.

Tiba di lokasi, Taufik bersama Dandim 0616 Indramayu Letkol CZI Aji Sujiwo SH MSi, Wakapolres Indramayu Kompol Nanang Suhendar SH MH dan Kepala BPBD Edi Kusdiana menggunakan perahu karet meninjau rumah rumah penduduk yang terendam banjir. Terlihat pada wajah Plt bupati raut muka sedi ketika melihat kondisi banjir di Desa Sumuradem.

Mantan Ketua DPRD Indramayu itu mengaku prihatin dan sedih melihat masyarakatnya tertimpa musibah bencana banjir. Ia meminta warga korban banjir untuk bersabar mengadapi musibah.  Taufik juga menginstruksikan camat selaku kepala wilayah dan seluruh instansi yang terlibat dalam penanganan banjir untuk membantu warga dan memantau perkembangan.

“Kita pemerintah daerah kerja sama dengan TNI dan Polri dan seluruh stakeholder ada dari BPBD, dinas-dinas terkait, menyiapkan posko dan menyediakan dapur umum, pelayanan kesehatan, membantu korban banjir. Kami juga mengimbau kepada warga korban banjir, terutama anak-anak, sekiranya untuk mengungsi,” ujarnya.

Taufik mengimbau warga korban banjir untuk selalu waspada, mengingat curah hujan masih tinggi. Setelah meninjau lokasi banjir, ia kemudian mendatangi posko pengungsian korban banjir di Balai Desa Sumuradem. Di posko pengungsian, ia sempat menggendong anak balita yang kedinginan. Kemudian Taufik meminta petugas penanganan bencana untuk memberikan selimut  kepada para korban banjir.

Menurut Taufik, terjadinya banjir selain curah hujan yang tinggi, juga kondisi sungai maupun kali mengalami pendangkalan dan penyempitan. Sehingga aliran air tidak optimal terbuang dan mengakibatkan sungai meluap ketika musim hujan.

Terkait infrastruktur yang rusak akibat dampak banjir, Taufik mengatakan dirinya sudah menginstruksikan camat untuk mengecek dan mendatanya. Menurutnya, pemerintah daerah memberikan perhatian penuh terhadap musibah banjir yang terjadi di dua kecamatan yang ada di wilayah Indramayu barat itu. (kom)

News Feed