oleh

Maskara Siap Layani Masyarakat Desa

INDRAMAYU- Mobil aspirasi kampung juara (Maskara) yang dibagikan Pemprov Jawa Barat bagi desa-desa berprestasi di Jawa Barat, mendapat sambutan baik dari pemerintah desa di Kabupaten Indramayu. Salah satunya Pemerintah Desa (Pemdes) Kebulen Kecamatan Jatibarang yang sudah menerima bantuan mobil itu dari Pemprov Jabar, belum lama ini.

Kuwu Desa Kebulen H Tarkani melalui Pamong Nuryanto mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas bantuan Maskara dari Pemprov Jawa Barat. Menurutnya, bantuan mobil Maskara bagi desa-desa berprestasi di Jawa Barat akan membantu pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Indramayu kalau tidak salah ada 9 desa yang dapat bantuan mobil Maskara dari Pemrov Jabar yang waktunya penyerahannya berbarengan dengan Kebulen,” kata Nuryanto.

Lebih lanjut, dikatakan Nuryanto, mobil aspirasi kampung juara (maskara) dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik, seperti angkut penumpang, panggung hiburan, layar tancap nonton bareng, dan angkutan untuk warga yang sakit atau melahirkan.

“Sangat bermanfaat bagi masyarakat, pelayanan publik desa kepada masyarakat bisa lebih meningkat lagi. Yang jelas pelayanan publik akan jauh lebih representatif terutama dalam memberikan akses layanan kesehatan,” tukasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Iskandar mengungkapkan, program bantuan yang digulirkan Pemprov Jabar bagi desa-desa berprestasi berupa mobil aspirasi kampung juara atau lebih akrab dikenal Maskara, seharusnya mampu memacu peningkatan pelayanan publik pada desa yang mendapatkannya.

Menurutnya, sarana fasilitas perlengkapan mobil tergolong lengkap terutama untuk sarana kendaraan kesehatan peran Maskara akan mendukung program kesehatan di Kabupaten Indramayu. “Sekarangkan yang menjadi program prioritas di bidang kesehatan, dalam mengatasi permasalahan stunting mobil ini bisa jadi sarana sosialisasi program kesehatan di masyarakat tentang program pemerintah. Selain itu dapat digunakan untuk mengantarkan ibu hamil saat akan menjalini proses persalinan,” ujarnya. (oni)

News Feed