oleh

Ribuan Warga Dadap Banjiri Nadran

INDRAMAYU-Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi menghadiri acara pesta laut atau nadran di Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat, Rabu (8/1). Acara yang digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Dadap berlangsung meriah dan dihadiri ribuan warga setempat.

H Taufik Hidayat mengatakan, nadran merupakan tradisi yang sudah turun temurun dilakukan oleh masyarakat khususnya nelayan, sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas hasil laut yang berlimpah. Melalui acara syukuran inilah diherapkan kedepan hasilnya akan semakin berlimpah.

Taufik mengatakan, Pemkab Indramayu mendorong acara pesta laut nadran ini bisa terus dilestarikan. Pasalnya ini merupakan tradisi atau khasanah budaya yang sudah turun temurun. Selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, nadran juga bisa menjadi ajang silaturahmi antar warga. “Melalui nadran ini diharapkan mempererat hubungan antara manusia dengan Allah SWT, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam,” kata Taufik.

Taufik juga berharap, kedepan nadran bisa menjadi aset budaya yang diakui secara nasional bahkan dunia, seperti halnya adat Ngarot di Desa Lelea. Sehingga bisa menjadi event nasional yang menarik kunjungan wisatawan.

Kuwu Desa Dadap Kecamatan Juntinyuat Kabupaten Indramayu, Asyriqin SSos mengatakan, nadran ini merupakan acara rutin masyarakat nelayan atau biasa disebut sebagai pesta laut. Dikatakannya, dalam kegiatan ini seluruh masyarakat datang untuk melihat langsung pelarungan kepala kerbau ke laut. Menurut tradisi, ini menjadi simbol rasa syukur kepada Allah SWT. “Yang pasti melalui acara nadran ini bisa mempersatukan masyarakat. Apalagi ini tahun politik dimana rawan terjadi gesekan antar warga,” ujarnya. (oet)

News Feed