oleh

Pemdes Lohbener Lor Aktifkan Piket Siaga Bencana

INDRAMAYU- Antisipasi bencana alama banjir, longsor dan angin kencang tidak hanya dilakukan Pemda Indramayu dan pemerintah kecamatan, tetapi juga pemerintah desa.

Salah satunya dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Lobener Lor Kecamatan Jatibarang. Pemdes setempat mulai kembali mengaktifkan piket siaga bencana.

Kuwu (Kepala Desa) Lobener Lor, Mahpudin mengatakan, piket siaga bencana mulai diaktifkan karena tingginya curah hujan dan angin kencang. Hal ini, lanjutnya, menjadi kewaspadaan bagi pemerintah desa untuk selalu siap siaga menghadapi bencana alam yang melanda desa. Pihaknya pun sudah menjadwalkan jajaran pamongnya secara bergantian berjaga di kantor kuwu pada saat malam hari.

“Minimalnya ada piket siaga bencana. Ketika ada bencana kita sudah siap melakukan pertolongan, mendata, dan bisa langsung melaporkan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Apalagi Lobener Lor dekat dengan aliran Sungai Cimanuk,” kata Mahpudin, Selasa (7/1).

Tidak hanya itu, guna mengatisipasi terjadinya sambaran petir,  pihaknya sudah memberikan imbauan kepada masyarakatnya agar tidak menggunakan dan menyalakan alat-alat elektronik saat terjadinya hujan lebat disertai petir, termasuk penggunaan telepon seluler.

“Kita semua tidak menginginkan terjadinya bencana di wilayah Lobener Lor, tetapi kita selalu siap jika sewaktu-waktu terjadi bencana disebabkan curah hujan yang tinggi, terutama yang perlu diwaspadai saat hujan deras yang disertai angin kencang dan petir,” terang Mahpudin.

Kegiatan piket siaga bencana, lanjutnya, merupakan imbauan dari Pemcam Jatibarang, agar desa-desa di Kecamatan Jatibarang mengaktifkan piket siaga bencana.

Sementara itu, Tohiroh sebagai masyarakat Lobener Lor, mengapresiasi langkah pemdes yang mengadakan piket siaga bencana setiap malam selama musim penghujan.

Sebagai bentuk kesiapan warga, kata Tohiroh, masyarakat pun sudah siap siaga apabila wilayah Jatibarang terutama di wilayah desa diterpa hujan deras dan angin kencang.

“Warga harus siap juga saat hujan deras dan angin kencang, warga sudah siap-siap akan berbagai kemungkinan yang bisa saja terjadi menimpa rumah dan kami, imbauan dari pemdes menjadi acuan kami agar selalu waspada saat kondisi cuaca ekstrem,” ujarnya. (oni)

News Feed