oleh

Puluhan Lansia Ikuti Senam Sehat Rumah Zakat

-Indramayu-416 views

INDRAMAYU- Aktif dan bersemangat. Hal itulah yang nampak di wajah puluhan para wanita lanjut usia  (lansia) saat mengikuti senam lansia di Desa Tegalurung Kecamatan Balongan, kemarin (6/1).

Mereka terlihat berusaha mengikuti gerakan senam, meskipun kondisinya sudah tidak muda lagi. Namun, kondisi itu tidak membuat para lansia berhenti mengikuti semua gerakan senam lansia yang digagas Rumah Zakat Desa Tegalurung.

Relawan Aspirasi Rumah Zakat, Lastri Mulyani mengatakan, senam lansia yang digagas merupakan langkah menyehatkan tubuh para lansia yang tidak lagi aktif seperti dulu, sehingga kurangnya gerak badan.

“Jangan sampai ibu dan bapak yang sudah lanjut usia hanya diam saja di rumah tanpa ada kegiatan. Dari hasil survei ketika usia sudah lanjut dan hanya diam di rumah banyak yang terserang penyakit, karena mereka jenuh jadi pikiran pada akhirnya terserang penyakit,” ucap Lastri, Senin (6/1).

Kegiatan senam yang digagasnya bagi para lansia, bukan hanya sebagai sarana untuk melatih kebugaran tubuh para lansia, tetapi sebagai sarana menjalin komunikasi antar sesama lansia satu desa.

Sehingga, lanjutnya, melalui senam, para lansia kembali memiliki gairah untuk berkomunikasi dengan lainnya, kehidupanya tidak lagi dibatasi lingkungan rumah semata, namun bisa lebih luas.

“Senam lansia ini, kami bekerjasama dengan Puskesmas Balongan. Kami berharap dengan kegiatan senam lansia Rumah Zakat dapat berkontribusi dalam program pemberdayaan para lansia, dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kebahagian para lansia menjadi lansia yang mandiri dan produktif,” tuturnya. (oni)

News Feed