oleh

Cegah Banjir, Forkopimcam Patrol Bersihkan Kali Bugel

INDRAMAYU-Forum komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Patrol, bersama Pemerintah Desa Patrol dan Bugel membersihkan Kali Bugel selama dua hari, Sabtu-Minggu (4-5/1).

Kegiatan bakti sosial sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir itu dipimpin langsung Kapolsek Patrol Kompol H Mashudi SH MH.

Pantauan Radar Indramayu, personel Polsek Patrol, Koramil, Satpol PP, pamong desa dan warga bahu membahu menebangi alang alang dan puluhan pohon di sepanjang Kali Bugel.

Pada kesempatan itu, Mashudi mengatakan, pembersihan dan normalisasi Kali Bugel harus dilakukan karena kondisinya mengalami penyempitan akibat banyaknya pohon dan alang-alang yang tumbuh dan besar di kali itu. Selain itu, terjadi pendangkalan, akibat sedimentasi lumpur. “Endapan lumpur yang di pinggir telah berubah menjadi tanah keras, karena menyatu dengan pohon dan tumbuhan lain. Jika ini tidak diatasi dengan menebangi pohon dan tumbuhan lain serta membersihkan alang-alang, Desa Bugel dan Patrol bisa banjir. Arus air Kali Bugel ini, tidak terbuang dengan baik karena tersumbat,” ujarnya didampingi Kuwu Patrol Karnali SE dan Sekdes Bugel Cargi.

Menurut Mashudi, masalah banjir merupakan persoalan yang harus diselesaikan bersama. Karena menyangkut kemanusiaan, keamanan pada masyarakat. Oleh karena itu, Forkopimcam Patrol melakukan upaya pencegahan dini, yakni membereskan faktor yang dianggap dapat memicu terjadinya banjir. “Forkopimcam juga membantu menerjunkan alat berat beko untuk menguras kali,” tandasnya.

Kuwu Patrol, Karnali mengatakan, desanya dan Desa Bugel merupakan daerah langganan banjir ketika musim penghujan. Menurutnya, penyebab banjir, salah satunya akibat Kali Bugel meluap karena dangkal dan sempit.

“Kali Bugel merupakan saluran pembuangan. Ketika intensitas dan curah hujannya tinggi, kali meluap. Setelah dibersihkan diharapkan bisa mencegah terjadi banjir,” katanya. (kom)

News Feed