oleh

Plt Bupati Buka Kongres IV AMRI

INDRAMAYU-Angkatan Muda Rifaiyah (AMRI) menggelar kongres keempat di Kabupaten Indramayu. Kongres dibuka secara resmi oleh Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi, di Pendopo Kabupaten Indramayu, Minggu (5/1).

Dalam sambutannya, Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi menekankan posisi strategis kaum muda. Diantaranya dengan mengembangkan kapasitas pemuda sebagai upaya mempersiapkan generasi muda yang kompeten di bidangnya masing-masing.

“Pemuda adalah penerus perjuangan generasi pendahulu. Untuk itu, perlu disiapkan generasi muda yang dapat menciptakan tatanan masyarakat madani yang adil dan makmur,” jelasnya.

Sebagai upaya menciptakan tatanan masyarakat yang madani, lanjutnya, perlu dihimpun potensi pemuda agar lebih berperan dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Salah satunya dengan menjamin kesinambungan dakwah dan perjuangan dalam meningkatkan pemahaman ajaran Islam secara mudah, tepat dan benar.

“Semuanya merupakan bentuk partisipasi pemuda dalam rangka membangun bangsa dan negara, dalam setiap aspek dan sendi kehidupan. Salah satunya yang kini tengah diperjuangkan oleh AMRI,” imbuhnya.

Ia pun berharap, Kongres AMRI dapat menyatukan perbedaan sikap dan pendapat dari sejumlah kelompok yang saling berseberangan dan terkotak-kotak. Sehingga akan tercipta persatuan dan kesatuan di antara seluruh komponen bangsa, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejauh mana upaya kita sebagai warga bangsa, dalam rangka penguatan nilai-nilai kebangsaan dan kearifan dalam berbudaya dan beragama. Ini merupakan tugas kita bersama termasuk AMRI di dalamnya,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota AMRI, Hasan Ambon yang juga bakal calon kuwu Desa Pranggong menjelaskan, AMRI merupakan wadah penyalur ide dan gagasan setiap anggotanya. Selain berfungsi sebagai sarana komunikasi antar pemuda, AMRI merupakan organisasi yang mempersiapkan generasi penerus yang akan mewujudkan masyarakat madani.

“Dengan semangat persatuan dan kesatuan di atas keberagaman sebagai bangsa yang majemuk, AMRI merupakan wadah yang tepat bagi generasi muda dalam berinovasi dan mengembangkan kapasitasnya. Tujuannya satu, yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dalam bingkai NKRI,” ujarnya.

Selain melaksanakan kongres, kegiatan diisi dengan menggelar sarasehan nasional yang mengangkat tema meningkatkan daya saing pemuda untuk kemajuan bangsa. Sarasehan mengupas tentang tantangan pemuda dalam persiapan global, serta empat pilar kebangsaan yang menjadi pondasi dan karakter pemuda. (dun)

News Feed