oleh

Warga Dua Desa Senang, Ada Jembatan Gantung Akses Jalan Bisa Lebih Dekat dan Cepat

INDRAMAYU- Warga Blok Desa Cangko  Kecamatan Tukdana dan Pecantilan Kecamatan Sukagumiwang menyambut baik pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Kecamatan Tukdana dan Sukagumiwang.

Pasalnya, warga tidak akan lagi menggunakan jalan memutar dan memakan waktu lama untuk menuju Kecamatan Sukagumiwang dan Kertasemaya.

Warga Blok Desa, Salim (47) mengatakan, pembangunan jembatan gantung merupakan hal yang dinantikan warga di Desa Cangko Kecamatan Tukdana dan warga Blok Pecantilan Kecamatan Sukagumiwang yang letaknya dipisahkan oleh Sungai Cimanuk.

“Kami senang karena bisa lebih nyaman saat menyebrangi Sungai Cimanuk. Ketika akan ke Sukagumiwang dan ke Cirebon bagi pemotor lebih cepat, dibandingkan harus melintasi jalan memutar, dan warga Desa Sukagumiwang dalam mendapatkan pelayanannya menuju kantor desa dan kecamatan lebih dekat,” kata Salim.

Dijelaskannya, pembangunan jembatan gantung dimulai sejak 4 bulan lalu, dan saat ini tinggal dilakukan proses pemasangan tali penghubung tiang jembatan dari kedua pondasi jembatan. “Warga berharap jembatan gantung dapat selesai dan bisa dilintasi kendaraan meski hanya kendaraan roda dua dan pejalan kaki,” katanya.

Pemdes Cangko, Badrun saat menunjukan lokasi pembangunan jembatan gantung di wilayahnya, Rabu (1/1) mengatakan, pemerintah desa sebelumnya mengimbau masyarakat untuk ikut serta mendukung proses pembangunan jembatan gantung di Blok Desa.

Menurutnya, jembatan gantung akan membawa dampak baik untuk perkembangan masyarakat kedua kecamatan, dan akses tranportasi warga jauh lebih cepat. “Pelayanan publik jauh lebih cepat, warga pun merasa lebih aman saat menyebrangai Sungai Cimanuk, terutama bagi orang-orang usaha yang berkendaraa menggunakan motor lebih luas jangkauannya,” ujarnya.

Dikatakan Badrun, pemerintah desa akan ikut memperbaiki akses jalan yang masih tanah. “Saat jembatan selesai kami akan turut benahi, ini sebagai wujud dukungan pemdes yang ingin menyukseskan program pembangunan pemerintah,” katanya. (oni)

News Feed