oleh

Pemdes Bangodua Resmikan Polindes

INDRAMAYU- Pemdes Bangodua resmikan gedung pondok persalinan desa (Polindes), Selasa (31/12). Hadir dalam persemian gedung polindes itu, Pemcam Bangodua, UPTD Puskesmas Bangodua, perangkat desa, lembaga desa, dan tokoh masyarakat setempat.

Kuwu Bangodua Edi Sukamto didampingi Sekdes Zaenudin menyatakan, pembangunan pondok bersalin desa (Polindes) Bangodua bersumber dari dana desa (DD) tahun anggaran 2019.

Tujuannya, kata Edi, untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) masyarakat desa melalui bidang kesehatan sehingga bisa berdampak positif bagi kesehatan masyarakat. “Pemdes sedang berupaya mengangkat harkat dan martabat wanita, dan kesehatan masyarakat. Gedung polindes bisa digunakan sebagai tempat persalinan, dan bisa digunakan sebagai tempat pemeriksaan kesehatan,” ucap Edi.

Dijelaskannya, gedung polindes dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan persalinan ibu hamil, ruang tunggu, ruang inap, ruang pemeriksaan kesehatan, dan lengkap dengan tempat tinggal bidan desa, sehingga bidan desa bisa tinggal di desa dan bisa melayani 24 jam masyarakatnya. “Sebenarnya nanti gedung ini bukan sebatas sebagai tempat bersalin saja, bisa sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat, kegiatan posyandu, dan kegiatan lainnya seperti kegiatan senam kebugaran bagi masyarakat yang sudah lanjut usia dan umum,” ujarnya.

Lebih lanjut, dikatakan Edi, gedung Polindes Bangodua merupakan satu-satunya bangunan yang paling luas dan lengkap guna meningkatkan angka kesehatan masyarakat, menekan angka kematian ibu dan bayi, serta stunting di Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Bangodua H Madi Suryadi yang menyambut baik kehadiran pondok bersalin desa (Polindes). Menurutnya, kehadiran polindes bisa membantu masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan (faskes). Pihaknya pun siap memberikan bantuan tenaga pelayanan kesehatan di polindes selain bidan desa, dan menjadi mitra Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat desa.

“Inovasi yang sangat bagus. Pemdes Bangodua menaruh perhatian lebih terhadap bidang kesehatan masyarakat, dengan berbagai sarana ruangan yang memadai, semoga bisa dicontoh desa-desa lainnya di Kabupaten Indramayu,” ujarnya. (oni)

News Feed