oleh

Pemdes Anjatan Bagikan Bibit Pohon Buah Gratis

INDRAMAYU-Pemerintah Desa Anjatan, Kecamatan Anjatan kembali merealisasikan program pemberdayaan masyarakat. Memanfaatkan Dana Desa (DD), program yang akan diwujudkan yakni budidaya tanaman buah.

Dalam program ini, Pemdes Anjatan akan memberikan secara cuma-cuma bibit pohon buah kepada masyarakat. “Setiap rumah akan diberi satu bibit pohon buah. Macam-macam ada mangga, kelengkeng, jambu kristal dan belimbing. Semuanya varietas buah yang genjah alias mudah berbuah serta mudah dipelihara. Sebagian sudah disiapkan,” terang Kuwu Anjatan Warto ZS kepada Radar Indramayu, kemarin (29/12).

Program ini, ungkapnya, tercetus dari keinginannya untuk melakukan penghijauan lingkungan desa sekaligus memotivasi warga untuk secara mandiri memenuhi kebutuhan terhadap buah-buahan. Sehingga dapat menghemat pengeluaran keluarga.

Namun, lantaran rumah-rumah di Desa Anjatan memiliki areal lahan terbatas, maka muncul ide untuk budidaya dihalaman rumah. Selain dinilai lebih praktis, perawatan mudah dan mempercantik suasana tempat tinggal. “Minimal buahnya bisa dikonsumsi sendiri. Lingkungan rumah warga menjadi lebih asri, hijau dan sehat,” katanya.

Kuwu Warto menegaskan, program pemberian bibit pohon buah ini segera direalisasikan sering datangnya musim penghujan. Sebelum dibagikan, warga penerima akan diberikan pelatihan singkat mengenai tata cara menanam, merawat, pemupupukan dan sebagainya. “Warga nanti dibekali pengetahuan dulu. Pelatihan singkat, supaya paham,” katanya.

Pihaknya menegaskan, selalu merencanakan program yang bisa dilaksanakan dan memiliki dampak manfaat luas. Seperti juga rencana budidaya bebek petelur yang bagi setiap warga penerima program diwajibkan mengumpulkan keong mas disawah-sawah. Gunanya untuk pakan ternak bebek itu sendiri sekaligus sebagai upaya pembasmian hama keong mas. (kho)

 

News Feed