oleh

Budaya Jadi Modal Bacabup Inu Danubaya

INDRAMAYU – Sejumlah kandidat pemimpin baru di Kabupaten Indramayu, mulai bermunculan jelang pelaksanaan Pilkada tahun 2020. Satu di antara figur yang digadang-gadang akan menjadi pemimpin di Bumi Wiralodra adalah Raden Inu Danubaya.

Kemunculan nama Raden Inu Danubaya pada konstelasi politik di Kabupaten Indramayu, tidak serta merta mencuat dengan sendirinya. Sosok yang mengikuti penjaringan bakal calon kepala daerah di sejumlah partai ini, mengaku telah bergerak hingga ke lapisan terbawah untuk menjaring aspirasi masyarakat.

“Sejak Oktober 2018, kami memang telah bergerak hingga ke tingkat grasroot. Bukan sekadar menyerap aspirasi dari masyarakat, namun kami juga ingin membuka jaringan baru hingga tingkat terbawah,” ungkapnya saat ditemui Radar Indramayu, Kamis (26/12) di sekretariatnya di Kecamatan Indramayu.

Sebagai salah satu penerus dari Raden Arya Wiralodra (pendiri Indramayu, red), pria yang akrab disapa Kang Inu ini sangat ingin menekankan pembentukan masyarakat Kabupaten Indramayu yang berkarakter. Karakter masyarakat yang baik menurutnya, akan terbentuk dari penerapan budaya adiluhung yang bersumber pada perilaku maupun adat istiadat, dalam kehidupan sehari-hari.

“Kalau memang jadi petani, jadilah petani yang santun. Ataupun yang jadi pejabat, jadilah pejabat yang santun. Semuanya akan terwujud jika kita mengedepankan budaya leluhur leluhur yang adiluhung,” imbuhnya.

Ia bahkan mencontohkan salah satu keberhasilan dari pembentukan sebuah karakter seseorang. Adalah Dr H Irianto MS Syafiuddin (Bupati Indramayu 2000-2010), yang dianggapnya sebagai salah satu pemimpin terbaik di Kabupaten Indramayu, yang dihasilkan dari pembentukan karakter manusia yang baik.

“Terus terang saya selama ini belum kenal dengan Pak Yance, tapi bagaimana pun ia pernah berjasa membangun Indramayu. Terlepas masih ada kekuarang, tapi jasanya patut kita hargai,” katanya.

“Tempaan serta didikan karakter dari kedua orang tuanya, menjadikan Pak Yance sebagai pemimpin yang sukses. Beliau adalah pemimpin yang telah banyak berjasa, dan bagaimanapun harus muncul pemimpin seperti Pak Yance yang sukses membangun Kabupaten Indramayu,” imbuhnya.

Dengan program kerja yang menjadi prioritas utamanya, Kang Inu yakin akan bisa mengambil hati masyarakat Kabupaten Indramayu. Yakni mewujudkan masyarakat Kabupaten Indramayu yang semakin maju dan sejahtera, tanpa meninggalkan nilai-nilai kearifan budaya lokal yang dimiliki.

“Karena pada dasarnya, masyarakat Kabupaten Indramayu adalah masyarakat yang kental dengan nilai dan norma-norma budaya dalam kesehariannya. Dan kami optimis akan diusung oleh partai,” pungkasnya. (dun) 

News Feed