oleh

Demi Kelancaran Lalin Nataru, Polisi Sterilkan Jembatan Sewo

INDRAMAYU-Kepolisian Resor Indramayu Sektor Patrol menggencarkan penertiban di Jembatan Sewo bersih dari aktivitas para penyapu uang sedekah.

Penertiban ini dilakukan demi menjamin kelancaran arus lalu lintas (lalin) serta keselamatan para pengguna jalan raya selama musim liburan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto SIK MSi melalui Kapolsek Patrol, Kompol H Mashudi SH MH menjelaskan, upaya tersebut dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2019 dan Tahun Baru 2020.

Penertiban sengaja dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya warga sekitar yang menjadi penyapu uang dadakan di musim liburan Nataru. Pasalnya, keberadaan mereka kerap mengganggu kenyamanan hingga membahayakan keselamatan pengguna jalan khususnya para pengendara.

Saking banyaknya, warga pengalap tawur sampai meluber arah timur ke sepanjang ruas jalan raya pantura Desa Sukra. Kondisi ini jelas mengganggu sekaligus membahayakan arus kendaraan yang melintas di kawasan perbatasan Kabupaten Indramayu dan Subang itu.

“Kami sudah sering dan tidak pernah bosan memberikan imbauan agar mereka tidak beroperasi karena bakal mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Kita juga lakukan penertiban, tentu dengan cara-cara yang santun. Terpenting adalah mereka sadar, bahwa aksi mereka di atas Jembatan Sewo itu mengganggu arus kendaraan bahkan bisa berbahaya bagi dirinya sendiri,” kata Kapolsek Patrol Kompol Mashudi SH MH.

Tokoh masyarakat setempat, Nurcahya mengapresiasi langkah yang dilakukan jajaran kepolisian dalam melakukan penertiban. Apalagi, polisi juga turut memberikan imbauan kepada para pengendara untuk tidak menabur uang receh di atas jembatan.

Menurutnya, masih maraknya para pengalap berkah itu, dipicu masih adanya para pengendara yang menabur uang receh di atas jembatan Sewo. “Biasanya pengendara asal Jawa, suka tawur uang receh di atas jembatan Sewo. Maka pengendara juga perlu diberi imbauan, langkah polisi sudah tepat,” ujarnya. (kho)

News Feed