oleh

Ketua Bawaslu Lantik 93 Anggota Panwascam, Ajak Jaga Netralitas dan Integritas

INDRAMAYU-Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi, melantik dan mengambil sumpah 93 anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu 2020, Senin (23/12), di Hotel Grand Trisula Indramayu. Mereka merupakan orang-orang pilihan yang memiliki integritas tinggi dan siap bekerja keras melakukan pengawasan.

Nurhadi mengungkapkan, minat untuk menjadi panwascam cukup tinggi. Terbukti, dalam satu kecamatan jumlah pendaftar ada yang mencapai 42 orang, padahal yang dibutuhkan hanya 3 orang per kecamatan. Sementara secara keseluruhan jumlah pendaftar mencapai 559 orang, dan sebanyak 501 orang lolos seleksi administrasi.

Dikatakan Nurhadi, proses seleksi panwascam kali ini juga berbeda dengan sebelumnya. Selain mengikuti seleksi tertulis dengan sistem CAT (Computer Assisted Test), semua yang lolos seleksi administrasi juga diwawancara secara keseluruhan. ”Kalau dulu kita ambil 6 besar dulu untuk setiap kecamatan yang lolos seleksi tertulis, kemudian baru diwawancara. Kalau sekarang semua kita wawancara, jadi memang membutuhkan proses yang lama dalam seleksi,” ungkap Nurhadi.

Nurhadi menjamin anggota panwascam yang terpilih kali ini merupakan orang-orang yang memiliki integritas tinggi dan komitmen kerja yang kuat. Mereka juga tidak terlibat partai politik manapun, berdasarkan seleksi ketat yang telah dilakukan.

Nurhadi juga memberikan penghargaan terhadap mereka yang memiliki nilai CAT tertinggi dan runnerup, mereka dipastikan lolos seleksi. Juga bagi panwascam lama yang memiliki kinerja bagus dan kembali mendaftar, masih dipercaya untuk ikut dilantik dalam panwascam pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu 2020 ini. “Dari 93 orang panwascam yang dilantik, sebanyak 36 persen merupakan wajah lama dan 64 persen wajah baru. Sementara jumlah panwascam perempuan hanya 13 orang,” jelas Nurhadi.

Nurhadi berpesan kepada anggota panwascam yang baru saja dilantik agar menjaga netralitas, jaga semangat kerja. “Tingkatkan kinerja, kuatkan pengawasan, kuatkan integritas,” tandas Nurhadi.

Sementara Asisten Pemerintahan Setda Indramayu, Drs Jajang Sudrajat MM, menyampaikan ucapan selamat kepada anggota panwascam yang baru saja dilantik. Jajang berpesan kepada seluruh anggota panwascam untuk mentaati apa yang tertuang dalam pakta integritas, terkait tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan. “Kalau semua komitmen dengan apa yang tertuang dalam pakta integritas, saya pikir pelaksanaan pilbup Indramayu juga akan berjalan dengan aman dan kondusif,” ujarnya.(oet)

News Feed