oleh

Balai Penyuluh Pertanian Indramayu Gencar Sosialisasikan Manfaat Kartu Tani

-Indramayu-518 views

INDRAMAYU– Masih banyaknya petani yang tidak memahami manfaat kartu tani yang sudah dibagikan dan petani yang masih belum memiliki kartu tani, penyuluh pertanian Kabupaten Indramayu gencar sosialisasikan manfaat kartu tani yang disalurkan kementrian pertanian guna kesejahteraan petani.

Penyuluh Pertanian Sukagumiwang, Sugiyanto SP mengatakan Balai Penyuluhan Pertanian di tingkat kecamatan sedang gencar memberikan edukasi kepada masyarakat terutama petani yang sudah menerima kartu tani, tentang manfaat kartu tani bagi penerima. Upayanya dalam mensosialisasikan manfaatkan kartu tani dan mengajak petani untuk membuat kartu tani tidak sebatas terjun langsung kelapangan mengadakan pertemuan dengan petani, tetapi melalui media sosial.

“Terutama bagi petani yang belum bikin kartu tani, tinggal bisa merapat ke kantor BPP di kecamatan masing-masing atau menghubungi petugas penyuluh pertanian di wilayah binaannya,” kata Sugiyanto pada Radar Indramayu, Jumat (20/12).

Kartu tani merupakan sarana layanan perbankan terintegrasi bukan hanya sebagai simpanan, transaksi, dan penyalurun pinjaman sampai kartu subsidi bantuan bagi petani. Memiliki beberapa lebihan di antaranya sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi Kementerian Pertanian. Tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan.

Data kebutuhan pupuk secara akurat sampai tingkat pengecer Pupuk Indonesia, bagi Bulog dapat memproyeksikan potensi panen di suatu daerah melalui data pupuk subsidi yang disalurkan. Sehingga dapat segera menyerap hasil panennya, menerima dana secara utuh dan membeli pupuk subsidi sesuai kuota yang diberikan bagi petani, dan dinas pertanian dapat mengetahui produktifitas lahan suatu daerah.

“Penyaluran pupuk lebih tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan petani. Untuk itu data petani harus benar-benar akurat, luas lahanya berapa agar pupuk subsidi dari pemerintah sesuai kebutuhan petani. Dan ini menjadi era baru kemajuan pertanian, terutama di Indramayu yang sampai saat ini menyandang predikat lumbung pangan nasional di Jawa Barat,” terang, Sugiyanto.

Senada dikatakan Casdi AMd sebagai penyuluh pertanian Bangodua. Kartu tani merupakan kemajuan teknologi bagi dunia pertanian yang dapat diaplikasikan. Mempermudah penyaluran bantuan bagi petani yang terintegrasi kedalam satu kartu. Sehingga kartu tani sangat berguna bagi petani di Kabupaten Indramayu.

“Semua petani seharusnya memiliki kartu tani ini, karena masih banyak petani yang belum punya, karena belum membuat. Kita selalu imbau petani agar segera menghubungi BPP untuk membuat kartu tani lengkap dengan persyarakatannya apa saja, dan yang sudah memiliki kartu tani harap di simpan dengan baik, jangan sampai hilang,” ujarnya. (oni)

News Feed