oleh

Perang Baliho sampai Pelosok Kampung

INDRAMAYU-Kawasan Kota Mangga dan Jalan Raya Pantura sepertinya tidak cukup bagi para calon kepala daerah (cakada) Pilkada Indramayu 2020 untuk mensosialisasikan diri.

Merekapun lantas ramai-ramai memasang alat peraganya di jalan lingkungan dan pedesaan. Tak mengherankan, alat peraga sosialisiasi diri cakada kini mudah ditemui di berbagai sudut jalan-jalan kampung.

Seperti terlihat di wilayah Kecamatan Bongas. Perang baliho maupun spanduk cakada dari berbagai parpol mulai ukuran kecil hingga berukuran besar berjejeran di pinggir jalan kampung.

Mereka tebar pesona dengan berbagai pose untuk menarik simpati. Tak hanya di lokasi strategis, perang alat peraga sosialisasi juga menyasar lokasi lainnya disembarang tempat. Seperti menempelkan poster di tiang listrik, PLN bahkan di batang pohon yang berada di pinggir jalan. “Sudah mulai perang alat peraga sosialiasi. Sudah ramai,” ucap Roji, salah seorang warga kepada Radar Indramayu, kemarin (18/12).

Menurutnya, memasang alat peraga sosialisasi sangat penting bagi para kandidat bupati maupun wakil bupati Indramayu yang berniat maju pilkada. Karena dinilai cukup produktif untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. “Namun seharusnya, estetika juga diperhatikan. Yang dipasang sembarangan ini yang bikin lingkungan menjadi kumuh,” lanjutnya.

Karena itu, Roji berharap para kandidat tim suksesnya konsisten terhadap estetika dan lingkungan dalam pemasangan alat peraga terutama di pohon-pohon pinggir jalan.

Sebab, dirinya masih sering melihat poster cakada berbagai ukuran terlihat dipaku di batang pohon yang dijaga dan dirawat pemerintah dan masyarakat. (kho)

News Feed