oleh

Palang Pintu Otomatis Rusak, Warga Kertasemaya Jaga Perlintasan Kereta Api

-Headline, Indramayu-1.206 views

INDRAMAYU- Perlintasan kereta api (KA) di Jalan Jengkok Raya Kecamatan Kertasemaya dijaga warga, kemarin. Pasalnya, palang pintu otomatis mendadak tidak befungsi lagi. Hal tersebut membuat warga sekitar, terutama pemuda desa menjaga pintu perlintasan secara bergantian.

Bahkan, untuk menjaga agar pengendara tidak nekat terobos perlintasan mengganti palang pintu dengan membentangkan kayu, Rabu (18/12).

Tarsiya (45) menyebutkan, tidak berfungsinya palang pintu perlintasan kereta api sangat membahayakan pengendara yang melintasi Jalan Jengkok Raya. Menurutnya, warga sangat memerlukan adanya palang pintu perlintasan yang berfungsi. “Sudah beberapa bulan palang pintu tidak berfungsi sedangkan Jalan Jengkok Raya jadi akses warga 5 desa di kecamatan Kertasemaya dan sebagai alternatif jalan poros kabupeten menuju Kecamatan Kedokanbunder,” bebernya.

Dikatakan Tarsiya, kondisi jalan yang padat kendaraan dan aktivitas utama warga di Kecamatan Kertasemaya, palang pintu perlintasan kereta api (KA) menjadi peringatan sekaligus pengamanan utama pengguna jalan saat melintas dan menyebrangai rel kereta api.

“Untung saja ada pemuda-pemuda desa yang mau menjaga perlintasan KA, walaupun bayarannya hanya dari pengendara yang ngasih. Kami berharap segera diperbaiki,” ujarnya.

Warga lainnya, Hendri (33) menyayangkan fasilitas palang pintu otomatis tetapi tidak berfungsi. Kerusakan palang pintu ini, kata Hendri, harus menjadi perhatian pihak KAI agar lebih memperhatikan keberadaan perlintasan sebidang terutama di akses utama warga dan kendaraan.

“Kendaraan besar dan kecil semuanya melewati jalan ini, dan jalur ini merupakan akses menuju Pasar Tulungagung. Harus bisa segera diperbaikii jangan dibiarkan saja,” ujarnya. (oni)

News Feed