oleh

281 Mahasiswa Akamigas Balongan Diwisuda

-Headline, Indramayu-1.077 views

AKAMIGAS Balongan Indramayu meluluskan sebanyak 281 wisudawan/wisudawati dalam wisuda XVI (16) yang digelar, Kamis (19/12), di Hotel Aston Cirebon. Mereka berasal dari tiga program studi (Prodi), yakni Prodi Teknik Perminyakan sebanyak 139 orang, Prodi Tekni Kimia sebanyak 47 orang, dan Prodi Fire and Safety 95 orang.

Rencananya, wisuda yang menghambil tema “Mencetak SDM Unggul di Era Industri 4.0” itu akan dihadiri sejumlah undangan, mulai dari wisudawan/wisudawati bersama orang tua, dosen dan staf Akamigas Balongan, gubernur Jawa Barat, Dirjen Belmawa Kemendikbud, Ka LLDIKTI Wilayah IV Jabar Banten, kepala daerah se-wilayah III Cirebon, kepala SMA dan SMK se-wilayah III Cirebon, perwakilan perusahaan migas dan nonmigas, Lemigas, Komunitas Migas Indonesia (KMI), Kemenakertrans RI, perwakilan perguruan tinggi, dan perwakilan BUMN/BUMS se-Wilayah III Cirebon.

Ketua Panitia Wisuda XVI (16), Hj Indah Dhamayanthie MT mengatakan, Akamigas Balongan terus mempersiapkan lulusan yang siap kerja dan mudah diserap bursa kerja di sektor migas, nonmigas, serta industri atau perusahaan lainnya.

BERPOSE: Mahasiswa/mahasiswi Prodi Teknik Kimia Akamigas Balongan
saat melakukan kunjungan industri.

Dikatakan Dhamayanthie, Akamigas Balongan terus berinovasi dalam penerapan kurikulum, yang memadukan antara teori dan praktik di lapangan, serta memiliki program unggul di setiap Prodi. “Mahasiswa dibekali teori dan kuliah praktik lapangan, yang dapat menunjang sumber daya manusia (SDM) lulusan lebih terukur, mencetak lulusan yang andal di setiap program studi. Lulusan yang benar-benar berkompeten siap bersaing di semua bidang, terutama dalam mempersiapkan SDM lulusan agar siap menghadapi era industri 4.0,” kata Dhamayanthie.

Selain itu, lanjutnya, langkah Akamigas Balongan dalam mempersiapkan lulusan yang siap kerja di perusahaan atau industri nasional dan internasional menggulirkan program ektrakurikuler yang wajib diikuti semua mahasiswa semenjak memasuki semester pertama sampai semester akhir, yakni English Village. Mahasiswa, sebutnya, tidak sebatas diberikan kemampuan kognitif yang mumpuni, namun ditanamkan karakter berbudi luhur.

“Mahasiswa-mahasiswi kami memiliki kecakapan dalam berbagai aspek, dan paling utama, berkarakter, berdaya saing tinggi, dan siap kerja. Tak heran ketika selesai melaksanakan magang di sektor migas, nonmigas, rumah sakit, bidang konstruksi, konsultan, dan industri lainnya, perusahaan yang menjadi tempat magang datang ke Akamigas Balongan meminta lulusan kami untuk bekerja di perusahaannya,” terangnya.

Dhamayanthie berharap, wisudawan angkatan XVI (16), sesuai dengan motto juang Akamigas Balongan yang bersinergitas, integritas, bergegas dan berkualitas. Sehingga, wisudawan dan wisudawati memiliki pengetahuan teori dan kemampuan praktik di bidang Teknik Perminyakan, Teknik Kimia, dan Fire and Safety, yang mumpuni yang bisa bersaing di perusahaan dan industri global.

Sementara itu, Direktur Akamigas Balongan Ir Hj Hanifah Handayani MT didampingi Ketua Yayasan Bina Islami Indramayu Drs H Nahdudin Islami MSi menegaskan, Akamigas Balongan terus melakukan inovasi sebagai langkah meningkatkan kualitas dan kuantitas mahasiswa baik di bidang akademik dan nonakademik.

“Akamigas Balongan terus menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan migas dan perusahan nonmigas, serta sejumlah universitas mulai dari nasional maupun luar negeri. Lulusannya pun tidak hanya mendapat ijazah, tetapi dibekali sertifikat keahlian di setiap prodi.

Hal itu dilakukan semata-mata untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) unggul, lulusan yang berkarakter, berdaya, unggul, serta memiliki skill yang mumpuni di masing-masing bidang program studi (prodi), sehingga siap menghadapi era industri 4.0.

“Mahasiswa Akamigas Balongan yang diwisuda hari ini memiliki SDM yang siap bersaing di era 4.0 menjadi generasi penerus bangsa yang mampu membawa perubahan bangsa dan negara lebih maju,” harapnya. (oni/adv)

 

News Feed