oleh

Pemdes Benahi Rumah Warga yang Diterjang Puting Beliung

INDRAMAYU- Pemerintah Kecamatan Widasari bersama aparat TNI serta warga melakukan aksi gotong royong memperbaiki rumah warga yang rusak di dua desa akibat diterjang angin puting beliung, kemarin. Selain itu, mereka juga bersama-sama memangkas dahan dan ranting pohon tumbang, yang menutup akses jalan desa, dan yang menimpa atap rumah warga.

Angin puting beliung sendiri terjadi di Blok Jorang Desa Kalensari dan Blok Serut Desa Bangkaloa Ilir pada Jumat (13/2) lalu.

Dari dua desa, dampak paling parah di Desa Kalensari yang menyebabkan dua warung dan dua puluh atap rumah warga rusak. Sedangkan, di Desa Bangkaloa Ilir hanya dua rumah yang rusak diterjang puting beliung.

Kuwu Kalensari H Masroni didampingi Bendahara Desa Sokani mengatakan, angin puting beliung yang menerjang pemukiman warga mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak. Untuk itu, pihaknya memberikan bantuan material bangunan berupa genteng untuk memperbaiki atap rumah warga akibat ditiup angin kencang. “Kami bersama-sama saling bantu. Pemdes siapkan tenaga, biaya mesin potong untuk memangkas pohon yang tumbang. Bagi masyarakat yang butuh genteng tinggal datang ke kantor desa saja,” katanya.

Selain mendapat bantuan genteng dari pemerintah desa, warga juga menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa perlengkapan MCK, sembako, terpal penutup, dan kebutuhan lainnya. “Alhamdulillah dari BNPB sudah memberikan bantuan. Semua telah dibagikan pemerintah desa kepada masyarakat yang terkena musibah, sedangkan satu warga yang terluka ringan akibat tertimpa atap rumah, sudah menjalani pengobatan,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Kuwu Bangkaloa Ilir menuturkan,  rumah warga di Blok Keserut yang rusak karena tertimpa pohon tumbang ataupun terbawa angin, sudah dibenahi. “Tidak ada korban luka ataupun jiwa, semuanya selamat, kini warga beraktivitas seperti biasanya,” ujarnya. (oni)

 

News Feed