oleh

501 Peserta Berebut Jadi Panwascam Yakin Hasil Transparan, Bawaslu Seleksi Pakai CAT

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu melakukan seleksi calon anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pilkada Indramayu 2020. Pesertanya membeludak.

UTOYO PRIE ACHDI, Indramayu

SEBANYAK 501 peserta yang telah lolos seleksi administrasi, mengikuti tes tertulis berbasis CAT (computer assisted test) dan wawancara yang dimulai Jum’at (13/12) lalu.

Pelaksanaan tes tertulis dilakukan di Laboratorium Komputer SMAN 1 Sindang. Sedangkan untuk test wawancara dilaksanakan di Hotel Wiwi Perkasa Indramayu.

Ketua Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan Bawaslu Kabupaten Indramayu, Yati Nurhayati menjelaskan, jumlah pendaftar calon panwascam awalnya 559 orang. Namun dari jumlah tersebut 58 peserta dinyatakan gugur saat seleksi administrasi. Sisanya sebanyak 501 orang dinyatakan lolos, dan berhak mengikuti tahapan tes selanjutnya yakni CAT dan wawancara.

Mereka yang gugur seleksi administrasi diantaranya karena faktor usia kurang cukup umur yaitu minimal 25 tahun, tidak melengkapi surat keterangan sehat. Ada juga peserta yang merupakan relawan pasangan calon presiden 2019 dan lainnya.

Yati menjelaskan untuk pelaksanaan tes tertulis dengan CAT dibagi lima sesi, sedangkan tes wawancara dibagi 2 sesi. Masing-masing sesi diikuti 30 peserta. Sementara waktu pelaksanaan CAT selama tiga hari dan tes wawancara sampai tujuh hari hingga tanggal 19 Desember 2019. “Tes wawancara memang waktunya lebih panjang karena personil kita terbatas,” kata Koordinator Divisi (Koordiv) SDM dan Organisasi ini.

Yati juga menegaskan, dengan penilaian sistem CAT maka hasilnya langsung diketahui oleh Bawaslu RI. Ini untuk menghindari adanya kecurangan, menjaga netralitas dan menghindari adanya titipan. “Jadi tidak mungkin ada titip-titipan atau rekayasa dalam tes CAT ini, karena hasilnya langsung diketahui secara transparan,” ujarnya.

Ditambahkan Yati, melalui tes ini diharapkan akan muncul calon-calon komisioner panwascam yang tangguh, memiliki integritas, tahan banting dan mampu melaksanakan tugas sesuai tupoksinya. Dari 501 peserta seleksi hanya akan  diambil 93 orang. Mereka akan mengisi komisioner panwascam di 31 kecmatan di Indramayu, atau masing-masing kecamatan ada 3 orang.

“Hasil tes ini akan diumumkan pada tanggal 20 Desember 2019, sedangkan pelantikan panwascam se-Kabupaten Indramayu rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Desember 2019,” jelas Yati.(*)

News Feed