oleh

Warga Sukarela Serahkan Satwa Langka Ke Polisi

-Indramayu-1.055 views

INDRAMAYU – Kepolisian Sektor (Polsek) Patrol menerima penyerahan hewan jenis Kukang Jawa dari warga. Penyerahan satwa langka dan dilindungi ini dilakukan secara sukarela. Oleh pihak kepolisian, binatang dengan nama latin Coucang Javanicus itu kemudian diserahkan ke Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat.

Serah terima dilakukan oleh Kapolsek Patrol Kompol H Mashudi SH MH kepada Polhut Pertama Balai Besar KSDA Jabar, Agung Ferdiansyah SH.

“Satwa langka ini sebelumnya diserahkan warga ke kita secara sukarela. Kemudian kami melakukan koordinasi dengan Resort KSDA wilayah Cirebon untuk dilakukan penyerahan kepada negara melalui BBKSDA Jawa Barat untuk keberlangsungan hidup hewan Kukang Jawa ini,” kata Kapolres Indramayu, AKBP Suhermanto SIK MSi melalui Kapolsek Patrol Kompol H Mashudi SH MH usai acara serah terima di Mapolsek Patrol.

Penyerahan hewan Kukang Jawa itu agar dapat dikembangbiakan dan dilepas ke habitat aslinya. Langkah itu dianggap perrlu dilakukan karena populasi Kukang Jawa semakin langka. Karena itulah Kukang Jawa dimasukkan daftar satwa dalam kategori terancam punah.

Kompol Mashudi memberikan apresiasi atas kesadaran masyarakat untuk tidak menjadikan satwa yang dilindungi sebagai hewan peliharaan. Warga yang tidak ingin namanya diekspos itu, mengambil keputusan untuk tidak menampung kehadiran seekor Kukang Jawa di dalam rumahnya.

“Dia sadar, bahwa satwa itu saat ini populasinya semakin langka bahkan terancam punah. Penyerahan ini didasari atas kesadaran dan sukarela warga bahwa hewan Kukang Jawa ini salah satu hewan langka dan dilindungi,” terang Kompol Mashudi.

Pihaknyapun mendorong masyarakat lainnya bila memelihara satwa yang dilindungi sebaiknya diserahkan ke BBKSDA Jabar.”Kita berterima kasih atas kesadaran warga yang mau menyerahkan satwa kepada negara,” tandasnya. (kho)

 

News Feed