oleh

Pertamina Kembangkan Ekosistem Mangrove

-Indramayu-538 views

INDRAMAYU-Untuk mengembangkan kawasan pesisir dengan pengelolaan yang baik, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III, melalui Integrated Terminal Balongan sejak tahun 2018, telah menginisiasi penanaman mangrove di kawasan pesisir Desa Singaraja Kecamatan Indramayu.

Sebanyak 30 ribu bibit mangrove saat itu ditanam, dan kini telah mulai tumbuh dan menjaga pesisir laut dari ancaman abrasi.

“Kami menggandeng masyarakat dalam penanaman dan perawatan mangrove, sehingga masyarakat juga berperan dalam pemahaman pentingnya ekosistem mangrove bagi lingkungan. Tentunya kita harapkan program tanggung jawab sosial yang kami lakukan di sekitar lokasi operasinya sangat memperhatikan keberlanjutan program dengan tetap mengutamakan peran serta aktif dan inisiatif masyarakat,” jelas Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami, Rabu (10/12).

Tahun ini, Pertamina kembali melakukan aksi di kawasan tersebut dengan melakukan penyulaman (penanaman semai mangrove) sebanyak 5 ribu bibit mangrove, 3 ribu bibit pohon cemara, 3.500 kg bibit rumput laut dan 3.500 ekor bandeng untuk melengkapi ekosistem kawasan pesisir Desa Singaraja.

Simbolis penyulaman mangrove dilakukan hari ini, di Desa Singaraja, oleh Pjs Integrated Terminal Manager Balongan Yusep Sopian selaku perwakilan Pertamina, dan Kuwu Desa Singaraja Kecamatan Indramayu, Suaebah.

Dewi berharap, dukungan Pertamina terhadap ekosistem pesisir dapat memberi manfaat bagi desa. Selain menjadi tanaman yang bermanfaat bagi kelestarian lingkungan, juga dapat meningkatkan perekomian masyarakat melalui pertumbuhan biota laut serta berbagai kegiatan usaha yang dapat tercipta dengan adanya ekosistem mangrove ini termasuk pengembangan kawasan wisata pantai.

“Diharapkan dengan bantuan budi daya ikan air payau dan rumput laut, menjadi potensi tambahan bagi  kawasan ini sebagai ekowisata terintegrasi dan pusat pendidikan mangrove,” tambahnya.(oet)

News Feed