oleh

Cegah Siswa Berkeliaran di Jam Belajar, Sepakat Gelar Patroli Bersama

-Indramayu-514 views

INDRAMAYU-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Anjatan bersama para kepala SMP/SMA sederajat sepakat untuk melaksanakan patroli bersama mencegah kenakalan remaja.

Kesepakatan itu tercapai saat digelarnya silaturahmi kamtibmas bertempat di ruang Camat Anjatan, Rabu (11/12). Pertemuan dipimpin langsung Camat Anjatan Opik Hidayat SSos, Kapolsek Anjatan Iptu Ali Anwar Yaghfirin SE dan Danramil 1614/Anjatan Kapten CZI Samsudin.

“Silaturahmi sekaligus pula kita membahas bersama-sama langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengantisipasi kenakalan remaja terutama dikalangan pelajar,” kata Camat Opik Hidayat.

Pertemuan digagas menyusul hasil monitor jajaran Kepolisian, TNI dan Satpol PP yang melaporkan masih adanya anak-anak sekolah berkeliaran saat jam belajar. Bahkan, beberapa diantaranya terjaring razia karena terindikasi melakukan aksi tawuran.

“Kami khawatir, kenakalan remaja ini nantinya bertambah parah. Seperti ikut geng motor misalnya. Makanya kita berkoordinasi, upaya apa saja yang efektif bisa dilakukan,” terangnya.

Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto SIK MSi melalui Kapolsek Anjatan Iptu Ali Anwar Yaghfirin SE menjelaskan, pihak sekolah sepakat untuk menjaga Kamtimbas dengan memonitor kehadiran siswa saat jam pelajaran sekolah.

Bersama-sama dengan Polisi, TNI dan Satpol PP, pihak sekolah juga menyatakan kesiapannya untuk turut serta melaksanakan kegiatan patroli bersama. “Patroli ini sebagai bentuk pengawasan kepada siswa-siswi pada waktu jam belajar. Jadi nanti pihak sekolah dilibatkan,” ujar Kapolsek Anwar Yaghfirin.

Kepala SMP Negeri 1 Anjatan, Muhadi MPd mendukung rencana patroli bersama yang berlaku efektif mulai tahun 2020 mendatang. Bahkan, pihaknya sudah menyiapkan personel untuk mengikuti patroli pengawasan. “Bisa guru atau pembina OSIS. Kita sangat mendukung, bagus itu,” ucapnya.

Seiring dengan itu, SMPN 1 Anjatan juga telah kembali mengagendakan sejumlah kegiatan yang nantinya dihadiri oleh Forkompimcam untuk menyampaikan sosialisasi maupun penyuluhan kepada para peserta didik. “Sebenarnya agenda penyuluhan ini sudah rutin dilaksanakan. Tapi kedepan, intensitasnya lebih ditingkatkan menyesuaikan momen,” tandasnya. (kho)

News Feed