oleh

BPP Gelar Pertanian Masuk Sekolah

-Indramayu-827 views

INDRAMAYU-Puluhan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) Bojong Melati Desa Karanggetas Kecamatan Bangodua belajar mengenal jenis-jenis pohon dan buah mangga, Selasa (10/12).

Kegiatan ini merupakan program kegiatan pertanian masuk sekolah yang dimotori Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Bangodua.

Koordinator BPP Bangodua, Hj Tarminah SP menyebutkan, pertanian masuk sekolah merupakan agenda BPP Bangodua yang bertujuan mengenalkan lebih dekat bidang pertanian kepada masyarakat, yang dimulai sejak usia dini. Dengan dikenalkannya bidang profesi pertanian di sekolah-sekolah, lanjut Tarminah, siswa lebih mengenal bidang pertanian, peranan petani, serta memberikan praktik secara langsung bagaimana bertani.

“Agenda BPP bukan hanya di PAUD saja, tetapi di jenjang sekolah dasar (SD), agar siswa sejak sedini mengenal secara langsung bidang pertanian, dan mengenal profesi petani, dan bagi siswa SMP, SMK yang ada di Kecamatan Bangodua,” ucap Tarminah seusai kegiatannya.

Diakui Tarminah, dikenalkannya bidang pertanian dan profesi petani sejak dini, untuk menarik minat siswa terhadap bidang pertanian. “Kita kenalkan kepada anak-anak profesi petani. Kita ajak mereka praktik cara pendederan biji buah mangga sehingga pertanian terlihat lebih menyenangkan. Harapannya tumbuh minat generasi muda di bidang pertanian, petani-petani di Indramayu bisa beregenerasi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala PAUD Bojong Melati Uun Kurniasih mengatakan, pengenalan jenis-jenis pohon mangga, dan cara penanaman bibit mangga merupakan pengalaman yang baru bagi para siswanya. “Program pertanian masuk sekolah menjadikan siswa mengenal lebih dekat profesi petani, bisa sedikit belajar cara bertani,” ujarnya sambil berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan secara kontinu. (oni)

News Feed