oleh

Anis Khoirunnisa Bakal Jadi Rebutan, Dianggap Mewakili Suara Perempuan

-Indramayu-576 views

INDRAMAYU-Di tengah dominannya kandidat laki-laki, Anis Khoirunnisa SThI diprediksi bakal menjadi rebutan para calon bupati dan wakil bupati Indramayu yang maju Pilkada Serentak 2020.

Bukan tanpa sebab. Selain menjadi satu-satunya kandidat perempuan yang menyatakan siap maju bertarung menuju kursi pendopo dari Partai Demokrat, putri ke-4 Syekh Al Zaytun AS Panji Gumilang yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Indramayu ini dinilai memiliki kriteria menjadi pemimpin daerah.

“Anis saya yakin menjadi figur yang paling diincar oleh calon kandidat lainnya untuk menjadi pasangan dalam Pilkada 2020 nanti. Dia mewakili kaum perempuan, bakal jadi rebutan,” kata Pemerhati Pilkada Indramayu, Suryana kepada Radar Indramayu, Selasa (10/12).

Pendiri Jamaah Kabatullah Indonesia (JKI) yang juga ketua Organisasi Forum Kerukunan Umat Beragama itu, lanjutnya, punya potensi menyatukan kekuatan perempuan pada Pilkada nanti. Sebagaimana diketahui, suara pemilih perempuan kerap menjadi rebutan dalam setiap hajatan pesta demokrasi.

“Ceruk pemilih perempuan ini porsinya sangat besar. Sehingga jika ada kandidat perempuan yang maju atau digandeng sebagai pasangan, maka berpotensi menarik simpati pemilih perempuan dan memenangkan Pilkada. Contohnya sangat jelas pada dua kali Pilkada sebelumnya,” kata dia.

Suryana memperkirakan, tampilnya Anis akan memantik partisipasi perempuan untuk terjun dalam politik praktis. Hal ini merujuk bergemanya ‘Gerakan Perempuan Pilih Perempuan’ ketika majunya Hj Anna Sophanah pada Pilkada 2010 dan 2015 lalu. “Gerakan perempuan pilih perempuan bisa saja berulang andai Anis maju,” tandasnya. (kho)

News Feed