oleh

LPS Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

-Indramayu-544 views

INDRAMAYU– Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menggelar kegiatan sosial pemeriksaan kesehatan gratis, Sabtu (7/12). Kegiatan pelayanan yang dipusatkan di Kantor Kuwu Tegalurung Kecamatan Balongan ini mendapat sambutan dari masyarakat setempat.

Bagian Divisi Perencanaan Strategis LPS, Indra Wahyudi mengatakan kegiatan pemeriksaan layanan gratis yang digelar di 12 kabupaten/kota di Jawa Barat ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) dari LPS dengan menggandeng Yayasan Ambulans Gratis (YAG), salah satunya di Tegalurung Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu.

“Kegiatan CSR pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis sebagai kontribusi LPS dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia,” ujarnya.

Dijelaskannya, ada dua agenda dalam pemeriksaan kesehatan, yakni pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat dan sosialisasi kepada masyarakat tentang perilaku hidup besih dan sehat (PHBS). “Kita juga gandeng petugas kesehatan dari Puskesmas Balongan,” ucap Indra.

Dikatakan Indra, kegiatan sosial layanan kesehatan yang digulirkan LPS di tahun 2019 ini, menyasar seluruh komponen masyarakat terutama lansia, ibu hamil, dan anak-anak. Sehinggga, sambungnya, melalui kegiatan layanan kesehatan gratis keberadaan dan kehadiran LPS bisa dirasakan masyarakat, dan bisa membantu masyarakat dalam memperoleh akses kesehatan yang memadai.

“Sebenarnya program CSR kita banyak, LPS juga setiap ada bencana yang menimpa selalu hadiri ikut serta membantu korban bencana. Bidang lainnya pengembangan usaha masyarakat. Tapi untuk tahun ini untuk di Jawa Barat layanan pemeriksaan kesehatan gratis di 12 tempat, Indramayu tempat yang ke 11,” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan Yayasan Ambulans Gratis Bandung Warjita mengatakan, pihaknya menyambut baik program layanan kesehatan gratis dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang menggandeng Yayasan Ambulans Gratis (YAG) Bandung dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat di 12 daerah di Jawa Barat, yang dimulai sejak Oktober 2019.

Warjita menjelaskan, Yayasan Ambulans Gratis Bandung, meskipun hanya memiliki satu ambulans, tetapi bisa difungsikan bukan hanya sebagai ambulan mengantarkan masyarakat kerumah sakit ataupun ke fasilitas kesehatan lainnya, melainkan sebagai mobil klinik keliling  ketika ada acara kegiatan  pengobatan secara langsung di tengah-tengah masyarakat. (oni)

 

News Feed