oleh

7 Parpol Deklarasi Koalisi Perubahan untuk Rakyat

INDRAMAYU-Tujuh partai politik akhirnya sepakat membentuk koalisi, dalam Deklarasi Koalisi Perubahan untuk Rakyat, Senin (9/12), di Hotel Wiwi Perkasa II Indramayu.

Ketujuh partai politik tersebut adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, Partai Demokrat, PKS, Hanura, Nasdem, dan Perindo. Sedangkan, satu-satunya parpol di luar Golkar yang belum bergabung dalam gerbong koalisi besar itu adalah Partai Gerindra.

Meski demikian, Ketua Koalisi Perubahan untuk Rakyat, H Ali Wardana mengatakan, Partai Gerindra nantinya juga akan bergabung kedalam koalisi. “Saya yakin Gerindra nanti juga akan masuk koalisi, karena Ketua DPC Gerindra H Kasan Basari juga menginginkan adanya perubahan di Indramayu,” ujar Ali.

Sementara itu, dalam deklarasi koalisi jumbo itu dilakukan penandatanganan kesepakatan koalisi oleh pimpinan parpol masing-masing didampingi sekretaris.

Yaitu Ketua DPC PKB, Muhammad Sholihin SSosI, Ketua DPC PDI Perjuangan H Sirojudin SP, Ketua DPC Partai Demokrat Ir Sri Budiharjo Herman (SBH), Ketua DPC PKC H Taukhid STP, Ketua DPC Hanura H Ali Wardana, serta perwakilan dari Partai Nasdem dan Perindo.

Ketua Koalisi Perubahan Untuk Rakyat, H Ali Wardana mengatakan, ketujuh parpol memang sudah sepakat untuk melakukan perubahan, dengan membentuk koalisi untuk melawan petahana. Adapun mengenai figur calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung pada pilkada 2020 nanti, masih belum dibicarakan. “Yang pasti setelah terbentuk koalisi ini, masing-masing parpol anggota koalisi akan melakukan koordinasi dan konsultasi dengan DPD dan DPP. Adapun untuk penentuan bakal calon masih panjang, dan akan melalui proses panjang,” kata Ali Wardana.

Dikatakan Ali Wardana, untuk menentukan nama-nama kandidat calon bupati dan wakil bupati, nantinya juga ada prosesnya. Dalam menentukan tentunya juga akan melihat hasil survei, bagaimana elektabilitas dan popularitasnya.

Ketua DPC PKS Indramayu, H Taukhid mengatakan, untuk saat ini sejumlah parpol memang masih melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati. “Jadi, hasil penjaringan masing-masing parpol masih menunggu, dan nantinya akan disandingkan dengan parpol lainnya, serta dilihat bagaimana elektabilitasnya, sebelum akhirnya disepakati bersama,” tuturnya.

Ketua DPC PKB Indramayu, Muhammad Sholihin menambahkan, ada tiga komitmen penting yang disepakati Koalisi Perubahan untuk Rakyat. Pertama, siap dan sanggup menjalin koalisi kebersamaan untuk saling menguatkan pergerakan dalam perjuangan untuk pemenangan pilkada Indramayu 2020, secara ikhlas dan tulus untuk kemenangan rakyat Indramayu.

Kedua, lanjut Sholihin, dalam rangka penetapan cabup dan cabup Koalisi Perubahan untuk Rakyat, akan ditentukan secara musyawarah mufakat antar pimpinan partai di tingkat DPC/DPD, DPW/DPD, dan DPP masing-masing. “Kemudian ketiga, siap dan sanggup untuk melaksanakan dan memenangkan atas keputusan musyawarah bersama sebagaimana kesepakatan kedua tersebut,” tutupnya. (oet)

News Feed