oleh

Juntikebon Tuan Rumah Riksa Budaya Jawa Barat

-Indramayu-630 views

INDRAMAYU– Desa Juntikebon Kecamatan Juntinyuat bakal menjadi tuan rumah acara Riska Budaya Jawa Barat. Acara yang bakal dihelat, Rabu (11/12) mendatang di halam balaidesa setempat, itu rencananya akan dihadiri dan dibuka langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Untuk melakukan persiapan dan survei lokasi, tim dari Budpar Jawa Barat menemui Sekda Kabupaten Indramayu. Kemudian, dilanjutkan survey ke Desa Juntikebon. Dalam survei itu, tim diterima langsung Camat Juntinyuat Drs M Nurulhuda MSi didampingi Kuwu Juntikebon Muhayan SPd.

Kuwu Juntikebon Muhayan SPd mengaku bersyukur, desanya menjadi tuan rumah acara Riska Budaya Jawa Barat. Ditekankan Muhayan, kerukunan antar umat beragama di desanya sangat harmonis dan penuh toleransi, meski masjid dan gereja saling berdekatan. “Kami berharap dengan acara Riska Budaya ini, bisa mengembalikan nilai lokal dan budaya saling menghargai dan toleransi antar umat beragama,” katanya.

Sementara itu, Camat Juntinyuat Drs M Nurulhuda MSi mengaku sangat mendukung kegiatan budaya ini. Dengan acara ini, Nurulhuda berharpa, kesenian dan budaya lokal kecamatan seperti wayang golek cepak, tari topeng, dan yang paling penting adalah kain tenun Gedongan. “Kerajinan kain tenun Gedongan ini akan punah jika tidak segera dilestarikan. Dengan Riska Budaya ini diharapkan kerajinan kain tenun Gedongan bisa bangkit dan eksis,” ujarnya sambil mengatakan acara Riska Budaya mengambil tema Ngampura yang berarti ngaji mpuncake rasa.

Nurulhuda mendorong, agar kain tenun gedongan bisa ditampil pada acara yang jadi leading sektor Budpar Jabar ini, agar perajin dan budaya lokal ini tidak punah. (ibn)

News Feed