oleh

Anggota TNI Dites Urine, Tim P4GN Kodim 0616 Lakukan Sidak

INDRAMAYU-Puluhan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari dua Koramil di jajaran Kodim 0616 Indramayu disidak tim Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Rabu (4/12). Selain tes urine, kelengkapan kendaraan dinas (randis) anggota pun turut diperiksa.

Inspeksi mendadak dipimpin langsung Perwira Seksi Intelejen (Pasi Intel) Kodim 0616 Indramayu Lettu Inf Rokhim. Dua puluh lima anggota TNI dari Koramil 1613 Cikedung dan Koramil 1617 Gabus Wetan tak luput dari pemeriksaan tim P4GN.

Dandim 0616 Indramayu Letkol Czi Aji Sujiwo SH MSi melalui Pasi Intel Lettu Inf Rokhim mengatakan, sidak tes urine dilakukan secara berkesinambungan sebagai bentuk pencegahan dan pemberantasan terhadap penyalahgunaan, serta peredaran gelap narkoba di jajaran Kodim 0616 Indramayu. Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu tugas dan kewajiban di bidang pengamanan personel.

“25 anggota dari Koramil 1613 Cikedung dan Koramil 1617 Gabus Wetan dites urine. Karena sudah menjadi tugas dan kewajiban komando atas, untuk mencegah seluruh personel agar tidak bersinggungan dan terlibat dalam penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.

Ditambahkan Rokhim, sebagai ujung tombak TNI di lapangan, bintara pembina desa (Babinsa) wajib menjadi suri tauladan bagi masyarakat di wilayah binaannya. Selain menjadi contoh yang baik, mereka harus mampu memberikan pemahaman dan menggugah kesadaran masyarakat terkait bahaya penyalahgunaan narkoba.

“Kami tidak ingin Babinsa memberikan contoh yang buruk bagi masyarakat. Apalagi sampai tutup mata dengan kondisi dan fakta di lapangan,” imbuhnya.

Selain menggugah pemahaman dan kesadaran masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba, lanjut Rokhim, Babinsa juga dituntut untuk terus mewaspadai kemungkinan peredaran narkoba di wilayah masing-masing. Kunci dari semuanya adalah komunikasi sosial yang baik dengan masyarakat, sehingga akan semakin mempererat kemanunggalan TNI bersama rakyat. “Pasang mata pasang telinga untuk mendapatkan informasi dan perkembangan wilayah yang akurat dan aktual. Dan silaturahmi maupun anjangsana bersama seluruh komponen masyarakat secara berkesinambungan adalah salah satu solusinya,” tegasnya.

Pada kesempatan ini, ia kembali menegaskan komitmen TNI, dalam hal ini Kodim 0616 Indramayu sebagai institusi yang bersih dan bebas narkoba. Tindakan tegas akan diterapkan, bagi anggota yang terbukti terlibat dalam penyalahgunaan narkoba. “Untuk kesekian kalinya kami ingatkan agar seluruh anggota menjauhi narkoba. Tindakan tegas akan kami terapkan bagi anggota yang kedapatan menyalahgunakan narkoba, sesuai prosedur dan aturan hukum yang berlaku,” tandasnya.

Dari hasil sidak tim P4GN, tidak satu pun anggota dari Koramil 1613 Cikedung dan Koramil 1617 Gabus Wetan yang terbukti positif menggunakan narkoba. Sementara untuk pemeriksaan kendaraan dinas anggota, seluruhnya telah dilengkapi dengan kelengkapan berkendara sesuai aturan. Sidak tim P4GN akan terus dilaksanakan hingga ke seluruh Koramil di jajaran Kodim 0616 Indramayu. (dun)

News Feed