oleh

Perbaikan Tanggul Selesai Lebih Cepat

-Indramayu-522 views

INDRAMAYU- Perbaikan Tanggul Sungai Cimanuk yang ambles di Blok Rengaspayung Desa/ Kecamatan Kertasemaya selesai lebih cepat. Padahal perbaikan diprediksi tuntas hingga akhir Desember 2019.

Pantauan wartawan koran ini di lokasi perbaikan tanggul ambles, Selasa (3/12), tampak sudah tidak ada lagi alat-alat berat di lokasi. Hanya terlihat pemotor yang menggunakan akses tanggul sebagai jalan alternatif.

Warga setempat, Dulmui mengatakan, pengerjaan perbaikan tanggul ambles sejak dua selesai sejak dua hari yang lalu. Dikatakan Dulmui mengaku senang karena perbaikan tanggul Sungai Cimanuk yang dipasang dinding turap bisa selesai lebih cepat sebelum curah hujan tinggi. Sehingga, tanggul bisa menahan hantaman luapan air.

“Saya dan warga senang. Dan tidak khawatir saat sungai meluap karena tanggul sudah selesai diperbaiki sehingga ketika hujan deras air tidak langsung meluap ke pemukiman warga. Apalagi rumah saya jaraknya dekat sekali satu meter dari tanggul,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, saluran pembuangan air limbah juga sudah diperbaiki sehingga air limbah yang sebelumnya terbuang ke Sungai Cimanuk sejak bangunan SPAL yang dibangun pemdes hancur ikut ambles, kini kembali normal. “Saya berharap, tanggul bisa menahan pergerakan tanah, tidak lagi kembali bergerak turun,” katanya.

Sementara itu, Sekdes Kertasemaya Widy Sentosa mengungkapkan pemasangan dinding vertikal yang berfungsi untuk menahan tanah, sepanjang tanggul yang ambles diharapkan mampu bertahan lama, dan bisa menahan pergerakan tanah.

Apalagi, menurutnya, tanggul di Blok Rengaspayung sangat rawan sehingga harus dilakukan penanganan perbaikan yang maksimal. “Perbaikan sudah selesai. Katanya sih akan ada tahap perbaikan selanjutnya, dan sampai enam bulan kedepan masih dalam masa pemeliharaan untuk melihat masih bergerak atau tidaknya tanggul,” ujarnya. (oni)

News Feed