oleh

PP dan LPM Bulak Kampanye Sedekah Oksigen

INDRAMAYU-Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2019, Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat SH melaksanakan aksi penanaman bibit pohon mangga di Situs Banjar Desa Bulak Kecamatan Jatibarang, kemarin (2/12).

Kampanye kesadaran lingkungan bertajuk sedekah oksigen yang diprakarsai oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Bulak serta PAC Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Jatibarang itu sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan sekaligus kelangsungan ketersediaan makanan bagi kawanan kera yang menempati Situs Banjar.

Ketua LPM Desa Bulak, Rudi mengatakan, kegiatan penanaman pohon berbuah ini merupakan bagian dari program kegiatan organisasi yang dipimpinnya.

Lokasi penanaman, menyasar sepanjang sungai tak jauh dari situs yang menjadi tempat koloni 41 ekor kera yang memiliki sejarah tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat setempat. “Kegiatan penanaman pohon berbuah yang bersama telah dilakukan ini, merupakan upaya untuk meningkatkan oksigen, serta meningkatkan kapasitas makanan satwa di Situs Banjar,” katanya, Senin (2/12).

Tak hanya menanam pohon, seluruh peserta kegiatan juga melakukan aksi bersih-bersih bantaran sungai dari sampah yang berserakan. Ini dilakukan pula untuk menjaga kelestarian lingkungan di Situs Banjar yang menjadi kebanggan masyarakat dan ikon desa.

Rudi mengucapkan terimakasihnya kepada Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat serta camat Jatibarang, UPTD Cipta Karya Jatibarang, UPTD Pertanian Jatibarang, BPD, kuwu Bulak dan sejumlah elemen masyarakat Desa Bulak dan Desa Bulak Lor yang telah berkenan hadir dan turut mensukseskan kegiatan tersebut.

Ketua PAC PP Jatibarang Hadi Suprapto SE MM menambahkan, gerakan sedekah oksigen melalui kegiatan bersama menanam pohon ini juga dimaksudkan untuk memaksimalkan lahan yang sebelumnya kurang produktif. Selain menanam pohon berbuah untuk makanan kera, Pemuda Pancasila juga turut menanam pohon mangga.

“Ini selain untuk melestarikan mangga sebagai buah khas bumi Wiralodra, juga sebagai upaya untuk memenuhi ketersediaan oksigen bagi kelangsungan hidup di tengah ancaman pemanasan global saat ini,” tutur Hadi.

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh masyarakat Bulak dan Bulak Lor dan didukung oleh pemerintah desa setempat, hingga organisasi kemasyarakatan (ormas).

Ia berharap apa yang sudah ditanam, dapat dijaga dan dirawat sehingga dapat dirasakan manfaatnya. “Tentu manfaatnya tidak saja untuk diri sendiri, tetapi juga untuk masyarakat luas. Bahkan akan dirasakan pula oleh anak cucu kita nantinya,” harap Taufik. (kho/rls)

News Feed