oleh

Jalan Menuju Situbolang Terbelah

-Indramayu-621 views

INDRAMAYU-Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Indramayu ternyata mengalami rusak parah. Seperti yang terlihat di wilayah Kecamatan Cikedung, sejumlah ruas jalan rusak parah, bahkan ada yang terbelah.

Seperti ruas jalan di Desa Cikedung yang mengarah ke Desa Jambak, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu atau menuju objek wisata Situbolang. Kondisi jalan rusak parah bahkan seperti terbelah. Jika tidak hati-hati, pengendara sepeda motor bisa terjatuh. Di sejumlah titik, bahkan lebar retakan jalan beton beraspal itu lebih lebar dari ban sepeda motornya.

“Iya ini sangat membahayakan bagi pengendara motor. Kalau tidak hati-hati bisa terjatuh,” ungkap Harjo, salah seorang warga.

Dikatakan Harjo, kondisi ini lebih berbahaya lagi di malam hari karena suasana gelap. Kalau tidak hati-hati maka sepeda motor bisa terherumus kedalam lubang retakan.

Tak hanya ruas jalan di Desa Cikedung yang mengarah ke Desa Jambak, ruas jalan yang terbelah itu juga terlihat di sejumlah ruas jalan lainnya. Di antaranya, ruas jalan Desa Jambak, Kecamatan Cikedung, yang mengarah ke Desa Tugu, Kecamatan Lelea, serta Desa Tempel yang mengarah ke Desa Telagasari, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu.

Kondisi tersebut juga ditemukan di sejumlah kecamatan lainnya, di antaranya Kecamatan Jatibarang. Padahal, di sisi kanan dan kiri jalan yang terbelah itu sebagian besar masih dalam kondisi cukup bagus. Hanya di beberapa titik saja yang ditemukan kondisi jalan yang berlubang.

Warga berharap, jalan terbelah itu bisa secepatnya diperbaiki. Apalagi, saat ini sudah mulai  memasuki musim hujan sehingga retakan jalan akan tertutup genangan air hujan.

Hal senada diungkapkan seorang pengguna kendaraan lainnya, Ujang  (30). Warga Kota Bandung itu terkejut saat melewati ruas jalan Desa Jambak, saat hendak berwisata ke Agrowisata Situ Bolang, Kecamatan Cikedung.

“Ini jalan menuju objek wisata, tapi sayang kondisinya rusak. Mestinya harus segera diperbaiki,” harapnya.

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi, saat dikonfirmasi, membenarkan kerusakan kondisi jalan tersebut. Dia memperkirakan, kondisi itu terjadi akibat pengaruh konstruksi jalan dan kontur tanahnya yang labil.

Taufik mengatakan, untuk memperbaiki kondisi jalan tersebut, pemda memiliki anggaran pemeliharaan jalan. Dia berharap, anggaran pemeliharaan jalan yang sebelumnya sudah dianggarkan bisa cukup untuk memperbaiki kerusakan di semua ruas jalan. “Nanti kita cek kondisinya dan tentunya harus segera diperbaiki,” tuturnya. (oet)

News Feed