oleh

HMPI Ajak Warga Tanam Pohon Buah

INDRAMAYU – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2019, Pemerintah Desa Anjatan, Kecamatan Anjatan mengajak warganya untuk menanam pohon.

Ajakan ini merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang penting serta bermanfaatnya menanam pohon. “Mumpung masuk musim penghujan, kita ajak warga untuk tanam pohon,” kata Kuwu Desa Anjatan, Warto kepada Radar Indramayu, kemarin (29/11).

Tak sekadar mengajak, bapak empat orang anak inipun memberikan contoh bagaimana cara menanam dan merawat pohon yang baik. Di halaman rumahnya yang sempit, Kuwu Warto membudidayakan tak kurang dari 50 jenis pohon buah. Mulai dari mangga, sirsak, jambu, lengkeng, buah naga, sampai anggur Kediri yang buahnya kecil-kecil berwarna hijau.

Aneka jenis pohon itu mayoritas ditanam dalam pot alias dengan metode tabulampot. Selain tidak butuh lahan yang luas, tanaman di tabulambot juga cepat berbuah. “Metode ini bisa dijadikan pilihan menanam pohon buah bagi yang tidak memiliki lahan luas. Jadi siapa saja bisa tanam pohon dihalaman rumahnya,” ujar dia.

Dipilihnya tanaman buah lantaran memiliki banyak fungsi. Selain kesehatan karena bisa menyaring udara yang kotor, pohon buah dapat dijadikan sebagai hiasan sekaligus penghasil makanan dan minuman bagi pemiliknya serta juga orang-orang yang ada di sekitarnya.

“Kalau lagi ada tamu bisa dijadikan hidangan sehat dan segar. Dipetik dari pohonnya dan langsung dimakan. Ini sebuah sensasi dan kebahagiaan tersendiri bagi saya dan keluarga dapat menjamu tamu dengan hasil keringat sendiri,” terang Kuwu Warto. (kho)

News Feed