oleh

Tokoh Milenial Layak Diperhitungkan

INDRAMAYU-Pilkada Indramayu 2020 dan konstelasi politik satu tahun ke depan diperkirakan bakal diramaikan oleh tokoh politik muda. Buktinya, sejauh ini sudah banyak kandidat calon bupati dan wakil bupati Indramayu yang berasal dari kalangan milenial.

Tokoh pemuda Kecamatan Losarang, Rifai mengatakan, bursa calon bupati dan wakil bupati Indramayu di Pilkada 2020 nanti diprediksi akan memunculkan tokoh milenial seiring dengan harapan masyarakat untuk perubahan dalam kepemimpinan daerah.

Pemimpin muda dibutuhkan untuk mempercepat mobilitas arah pembangunan yang signifikan. Serta memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Indramayu.

“Menghadapi bonus demografi mayoritas penduduk Indramayu akan berusia muda dan produktif, sudah pasti kepemimpinan daerah kedepan butuh daya kreativitas anak muda yang melampaui zaman,” ucap Rifai kepada Radar Indramayu, kemarin (28/11).

Menurutnya, tokoh muda terutama yang terjun di politik praktis cukup banyak. Mereka punya kans yang sama untuk dimunculkan dalam bursa Pilkada 2020.

Diantaranya H Daniel Mutaqien Syafiuddin ST, Muhammad Solihin SSosI, H Suwarto, H Syaefuddin SH dan H Bambang Hermanto SE. Satu lagi yang dinilai memiliki kualitas dan layak diperhitungkan yaitu Hilal Hilmawan SIP MIP.

Pun demikian, diakuinya  untuk maju Pilbup tidaklah mudah. Tidak cukup memiliki semangat dan energi yang tinggi. Track record kaum muda juga dibutuhkan.

“Minimal tokoh muda tersebut punya pengalaman di berbagai organisasi. Itu penting. Karena tak cuma teori, pengalaman itu pun sangat penting. Karena track record itu menunjukkan seseorang mampu atau tidak,” paparnya.

Dia melihat, salah satu dari sekian banyak tokoh muda Indramayu yang menarik perhatian publik dan dianggap berpotensi menjadi pemimpin daerah yaitu Hilal Hilmawan SIP MIP.

Menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hilal dianggap figur yang cukup baik, populer, organisatoris, visioner dan punya kapabilitas.

Pemuda kelahiran Indramayu 18 April 1989 itu memiliki daftar pengalaman organisasi sangat panjang. Mulai dari Ketua Sapma PP Indramayu, pembina Forum Mahasiswa Indramayu (Formasi), pengurus DPD KNPI Indramayu sampai pengurus Pusat AMPG. “Hilal memiliki kans cukup besar dalam Pilkada dari kaum milenial,” tandasnya. (kho)

News Feed