oleh

Pemdes Majasih Apresiasi Kinerja Ketua RT, RW dan Lembaga Desa

INDRAMAYU– Pemerintah Desa Majasih Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu memberikan apresiasi terhadap kinerja 24 ketua Rukun Tetangga (RT), 4 ketua Rukun Warga (RW), dan lembaga desa, serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Salah satu bentuk apresiasi Pemdes Majasih adalah dengan mengajak elemen pemerintah sebanyak 120 orang diantaranya RT, RW dan semua lembaga desa untuk wisata religi.

Selain itu, ketua RT, RW, dan ketua BPD diberi bantuan Smartphone. Bahkan, ketua BPD dan ketua forum komunikasi RT/RW (Fokorgaki) Desa Majasih di tahun selanjutnya akan diberikan inventaris kendaraan bermotor.

KOMPAK: Para ketua RT Desa Majasih mengenakan seragam batik.
FOTO: ANANG SYAHRONI/RADAR INDRAMAYU

Kuwu Majasih, Kajaya AmdKep menyampaikan, wisata religi, pemberian smartphone bagi ketua RT, RW, dan lembaga desa, serta pemberian  inventaris kendaraan bermotor bagi ketua BPD dan Ketua Fokorgaki merupakan bentuk apresiasi pemerintah desa terhadap kinerja mereka yang selama ini menyukseskan program-program pembangunan desa. Menurut Kajaya, peranan dan tugasnya sebagai tangan kanan pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada warga, sehingga menjadi penyambung lidah program pemdes kepada warga.

“Smartphone untuk 4 ketua RW dan satu pamong desa, bersumber dari Banprov tahun 2020 sebagai langkah menyukseskan program gubernur Jawa Barat aplikasi sapa warga. Sementara untuk 24 ketua RT dan BPD dari kuwu sebagai bentuk apresiasi kinerjanya selama ini. Sedangkan untuk bantuan inventaris kendaraan bermotor bagi ketua BPD dan ketua Fokorgaki desa wacananya di tahun depan, doakan saja semoga bisa terlaksana,” tutur Kajaya pada Radar Indramayu, Rabu (27/11).

Dikatakan Kajaya perhatiannya terhadap kinerja ketua RT, RW sebagai langkah menepis anggapan bahwa ketua RT dan RW tidak memiliki peranan dalam pembangunan desa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Padahal, menurutnya, ketua RT dan RW adalah publik figur yang sangat dekat dengan warga, memiliki tanggung jawab yang besar menjaga ketentraman dan melayani warganya.

“Selama inikan tidak sedikit kuwu yang berpikir RT dan RW kurang memiliki peranan, padahal RT dan RW perannya dalam melayani warga jauh lebih besar tantangan dan tanggung jawabnya karena secara langsung berhadapan dengan warga. Oleh karena itu, Pemdes Majasih berinisiatif setiap tahun mengajak semua komponen pemerintahan desa, RT, RW, dan lembaga desa berwisata religi,” ujarnya.

Tujuan dari acara itu, sambungnya, mendoakan agar desa selalu di berikan keberkahan, kuwu dan Pamong Desa Majasih diberikan kemudahan, dan kekuatan lahir batin menjalankan roda pemerintahan desa, konsisten membangun desa lebih maju, dan memberikan pelayanan prima kepada warga.

“Semoga dengan bentuk apresiasi pemdes terhadap kinerja RT, RW, dan lembaga desa, dapat meningkatkan semangat kinerja lebih baik lagi, sehingga mampu membawa Desa Majasih lebih maju, masyarakatnya makmur dan sejahtera,” harap Kajaya.  (oni/adv)

News Feed