oleh

Urus Administrasi, Harus Hafalkan Teks Pancasila di Pemdes Gabus Wetan

-Indramayu-507 views

INDRAMAYU– Untuk memahami dan mengamalkan Pancasila kepada masyarakat, Pemdes Gabus Wetan melakukan cara unik. Bagi warga yang mengurus administrasi di kantor desa harus menghafalkan teks Pancasila.

Kuwu (Kepala Desa, red) Gabus Wetan, Abdillah Irlan SH mengatakan, Pancasila adalah dasar negara dan merupakan falsafah negara. Dijelaskannya, falsafah negara menjadi sikap hidup, pandangan hidup bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Namun, pemahaman terhadap Pancasila, kata Abdillah Irlan, kini mulai luntur dalam diri masyarakat, apalagi mengamalkannya.

“Kami merasa prihatin dan khawatir masa depan bangsa dan negara kita nanti. Karena ketika Pancasila yang merupakan ideologi negara luntur dan tidak lagi memiliki kekuatan, ancaman desintregasi bangsa sangat rentan terjadi,” ujar pria yang akrab dipanggil Irlan, kepada Radar Indramayu, Senin (26/11).

Irlan menjelaskan, munculnya kelompok yang melakukan gerakan anti Pancasila sebagai bukti, bahwa Indonesia menghadapi ancaman desintegrasi. Oleh karena itu, sambungnya, untuk membangkitkan kembali semangat nasionalisme, mengajak masyarakat untuk memahami dan mengamalkan Pancasila.

“Upaya itu kita lakukan, setiap warga yang mau mengurus layanan administrasi di desa, kami minta dan mewajibkan warga untuk menghafal teks Pancasila terlebih dahulu. Jadi cukup membayar dengan menghafal Pancasila di depan kami atau pamong desa yang melayani,” kata pria yang pernah menjadi anggota Panwas itu. (kom)

 

News Feed