oleh

Pemilih Cenderung Wait and See

INDRAMAYU-Kandidat kepala daerah mulai tebar pesona mensosialisasikan diri kepada masyarakat menjelang pemilihan bupati dan wakil bupati Indramayu tahun 2020. Lewat alat peraga sosialisasi maupun turun langsung ke masyarakat.

Pun demikian, terdapat kecenderungan masih menunggu dan melihat di kalangan masyarakat pemilih terkait dengan keputusan untuk memilih sosok yang dipandang layak sebagai kepala daerah.

“Cenderung masih wait and see konstelasi politik yang berkembang. Sikap masyarakat masih sangat cair,” kata Pemerhati Pilkada asal Kecamatan Gabuswetan, Junaedi kepada Radar Indramayu, Senin (25/11).

Dari hasil penelusurannya, mayoritas masyarakat pemilih menyatakan tidak tahu atau belum menentukan pilihannya seandainya hari pencoblosan Pilkada Indramayu digelar hari besok.

Hal ini sangat wajar. Sebab, belum ada ketetapan siapa calon bupati maupun wakil bupati yang dipastikan maju. “Justru masyarakat masih banyak yang bertanya-tanya siapa sih calonnya,” ujarnya.

Sementara itu, para pelaku usaha berharap situasi politik dan keamanan sepanjang tahapan pelaksanaan Pilkada Indramayu tahun 2020 tetap aman terkendali. Situasi itu diperlukan agar momentum penguatan ekonomi masyarakat tidak terganggu hanya karena situasi politik yang tidak konstruktif.

“Harapan kita sih para elite politik dan kandidat tetap mempertahankan iklim berdemokrasi yang sehat dengan tidak membuat momen Pilkada menjadi penghalang jalannya aktivitas perekonomian,” kata Rusdi, salah seorang pedagang.

Namun, dirinya yakin, pihak keamanan, pemerintah dan semua elemen masyarakat Indramayu tidak akan membiarkan kondisi daerah menjadi tidak terkendali hanya karena Pilkada.

Hal ini mengaca pada pengalaman sepanjang pesta demokrasi sebelumnya, baik Pemilu Legislatif dan Pilpres. Dimana kondusivitas Kabupaten Indramayu tetap terjaga.

“Bagi kami para pelaku usaha, siapapun pemimpin yang terpilih nanti, terpenting adalah Pilkada kondusif. Kemanan dan kenyamanan ini sudah menjadi faktor fundamental agar aktivitas masyarakat dan roda perekonomian berjalan lancar,” tandasnya. (kho)

News Feed