oleh

Taufik Hidayat Mampu Membangun Indramayu

-Headline, Indramayu-1.149 views

INDRAMAYU – Sejumlah tokoh mulai bermunculan menjadi kandidat kuat bakal calon pemimpin Indramayu, jelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Indramayu 2020 mendatang. Salah satunya adalah Plt Bupati Indamayu H Taufik Hidayat SH MSi.

Pernyataan ini disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Cadangpinggan, KH Syakur Yasin MA, saat ditemui di kediamannya, Rabu (20/11). Menurut pria yang akrab disapa Buya Syakur ini, sosok Taufik dipercaya mampu membangun Kabupaten Indramayu.

“Orangnya kalem, tidak emosional dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Saya percaya beliau bisa meneruskan suksesi kepemimpinan di Kabupaten Indramayu,” tuturnya.

Disebutkan Buya Syakur, Taufik harus pandai dalam memilih wakil bupati untuk menjadi pendampingnya. Seorang birokrat yang berwibawa dan mengetahui seluk beluk Indramayu, dianggap sebagai pendamping ideal untuk meneruskan suksesi kepemimpinan di Kota Mangga.

“Idealnya (wakil bupati, red) adalah birokrat yang paham seluk beluk Indramayu. Ini untuk melengkapi kekurangan yang ada pada diri Pak Taufik,” imbuhnya.

Disinggung kemungkinan pendamping dari kalangan ulama, Buya Syakur mengaku tak berharap banyak. Ia hanya ingin tokoh ulama fokus dalam membimbing umat, dengan tidak terjun dan berkecimpung langsung ke dunia politik praktis.

“Kalau pemimpin berasal suatu ormas, maka ormas dimana dia berasal pasti akan menjadi anak emas. Sementara yang lainnya hanya menjadi anak tiri. Biarkan ulama fokus dalam membina dan membimbing umat saja,” tegasnya.

Terkait kasus yang banyak menjerat kepala daerah, Buya Syakur menegaskan bahwa penyelesaian kasus melalui koridor hukum bukan menjadi satu-satunya solusi pemecahan masalah. Pembentukan moralitas, integritas serta loyalitas, dirasa menjadi faktor penting untuk menekan kasus-kasus yang kini banyak bermunculan.

“Tingkatkan dulu kualitas pendidikan masyarakat. Karena sebaik apapun sistem yang kita miliki, tidak akan bisa berjalan dengan optimal jika tingkat intelektual masyarakatnya masih rendah,” tandasnya. (Oet/Oni)

News Feed