oleh

Perayaan Milad Ke-107 Muhammadiyah Meriah, Komitmen Cerdaskan Bangsa

-Indramayu-497 views

INDRAMAYU-Peringatan Milad Muhammadiyah ke-107 di Kecamatan Haurgeulis berlangsung meriah. Beragam kegiatan digelar. Mulai dari lomba religi antar pelajar, pertandingan olahraga sampai saresehan keluarga besar Muhammadiyah Haurgeulis.

Puncaknya, dilaksanakan apel Milad Muhammadiyah ke-107 di Alun-alun Kecamatan Haurgeulis, Senin (18/11).

Ribuan warga Muhammadiyah mulai dari para pengurus Pimpinan Cabang (PC) Muhammadiyah, Ranting, Ortom, ibu-ibu Aisyiyah dan pelajar ambil bagian dalam apel yang dilanjut pawai taaruf tersebut.

Hadir pula jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompicam) Haurgeulis, para kepala UPTD/B, MUI, serta kepala sekolah dan guru dilingkungan perguruan Muhammadiyah Haurgeulis.

APEL MILAD: Keluarga besar Muhammadiyah Kecamatan Haurgeulis mengikuti apel Milad Muhammadiyah ke-107 di Alun-alun Kecamatan Haurgeulis, Senin (18/11).

“Muhammadiyah sejak awal berdiri pada tahun 1912 sampai kini dan sampai nanti akan terus berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa. Kata cerdas artinya sempurna akal budinya, mengerti, dan tajam pikiran. Sempurna pertumbuhan tubuhnya menjadi sehat dan kuat,” terang Wakil Ketua II PC Muhammadiyah Haurgeulis, H Oon Rosjidi SPd yang didaulat menjadi pembinan upacara.

Lebih lanjut, dikatakan Oon, Muhammadiyah dengan pandangan Islam berkemajuan, senantiasa berusaha untuk mengintegrasikan nilai-nilai ke-Islaman dan ke-Indonesiaan. Oleh karena itu, lanjutnya, Muhammadiyah dan umat Islam merupakan bagian integral dari bangsa ini.

Oon Rosjidi SPd menyatakan, Muhammadiyah benar-benar inklusif, profesional dan berbuat untuk bangsa dalam dunia nyata, bukan dalam kata-kata politik dan retorika.

“Peran Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan pemberdayaan masyarakat berlangsung meluas dan menjadi kekuatan strategis bangsa,” tegasnya.

Namun diakuinya, kehadiran Muhammadiyah kadang tidak populer dan menggema, karena etos gerakannyan sedikit bicara, banyak bekerja. Padahal, pengorbanan, kerja keras, dan kiprah nyata Muhammadiyah sangatlah besar dalam mencerdaskan dan memajukan bangsa di seluruh persada negeri ini.

Oon Rosjidi menambahkan, melalui peringatan Milad Muhammadiyah yang ke 107 tahun 2019, Muhammadiyah mengajak untuk berjuang bersama-sama membangun negeri yang kita cintai ini.

“Mari berjuang bersama-sama membangun negeri ini dengan semangat kerja keras, ikhlas demi terwujudnya masyarakat utama, adil dan makmur yang diridhai Allah SWT,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Haurgeulis Rory Firmansyah SSTP MSi melalui Sekretaris Camat Drs Rahmat Sudarsono memberikan selamat kepada seluruh warga Muhammadiyah yang sedang memperingati perayaan hari jadi organisasi Islam yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan di Kampung Kauman Yogyakarta, pada tanggal 8 Dzulhijjah 1330 H itu.

Pihaknyapun merasa bangga, sinergitas Muhammadiyah dengan pemerintah mampu mempercepat pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, pemerataan pembangunan dan penguatan sektor lain seperti bidang pendidikan.

Menurutnya, Muhammadiyah mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam ikut bergotong royong memperkuat pembangunan manusia yang berkualitas sebagai modal dalam memajukan Indonesia sebagaimana dicita-citakan para pendiri bangsa.

“Karena itu, kita berharap sineritas warga Muhammadiyah dengan pemerintah khususnya di Kecamatan Haurgeulis terus ditingkatkan. Dengan kerjasama yang baik, akan dapat memperluas jangkauan kualitas dan kuantitas capaian dalam memajukan daerah mewujudkan visi Indramayu Remaja,” terangnya. (kho)

News Feed