oleh

Perbaikan Sekolah Rusak Bertahap

INDRAMAYU-Banyaknya bangunan sekolah dasar (SD) yang rusak membuat Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi prihatin. Taufik mengaku, akan terus berupaya secara maksimal untuk melakukan perbaikan terhadap berbagai sekolah dasar yang mengalami kerusakan di Kabupaten Indramayu.

Hal tersebut disampaikannya, saat melakukan kunjungan langsung ke SDN Bondan III Kecamatan Sukagumiwang, belum lama ini. Dikatakan Taufik, saat ini jumlah SD yang mengalami kerusakan cukup banyak. Hal ini karena memang kondisi bangunan yang cukup lama. Sementara kemampuan daerah untuk melakukan perbaikan sangat terbatas.

Untuk merehab ruang kelas yang rusak, lanjutnya, sumber dana yang bisa dimanfaatkan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) pemerintah pusat, bantuan provinsi, dan juga APBD Kabupaten Indramayu.

“Kita terus upayakan secara maksimal rehab ruang kelas yang mengalami kerusakan. Kita ingin anak-anak Indramayu dapat belajar dengan tenang dan nyaman. Kita pastikan, perbaikan terhadap sekolah yang rusak menjadi perhaian serius Pemkab Indramayu,” tegas Taufik.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar Malik Ibrahim menyebutkan, pada tahun 2019 ini APBD Indramayu untuk melakukan rehab atau perbaikan SD sebesar Rp1.350.000.000. Sedangkan, untuk pembangunan ruang kelas baru sebesar Rp3.500.000.000.

“Kita akui apa yang kita lakukan masih belum sepenuhnya memenuhi harapan masyarakat terutama untuk perbaikan sekolah yang rusak.  Namun kita terus berbuat secara maksimal agar sekolah-sekolah tersebut dapat kita perbaiki secara bertahap,” katanya.

Seperti diberitakan, sejumlah SD di Kabupaten Indramayu mengalami kerusakan. Selain SDN Bondan III Kecamatan Sukagumiwang, ada juga SDN Kalianyar 2 Kecamatan Krangkeng, SDN Sukamelang III Kecamatan Kroya, dan yang lainnya. (oet)

News Feed