oleh

Jalan Dibeton, Akses Pertanian Lancar

INDRAMAYU-Menjelang datangnya musim panen raya, petani di Desa Limpas Kecamatan Patrol kini sumringah. Tak lama lagi mereka bakal menikmati akses jalan ke areal persawahan yang mulus tak lagi becek apalagi berlubang hingga mirip kubangan.

Itu setelah, Pemerintah Desa Limpas memprioritaskan peningkatan jalan usaha tani menggunakan cor beton. Memanfaatkan Dana Desa (DD), jalan desa di Blok Sawah Tengah sepanjang 757 meter bakalan mulus dilapis beton.

“Kita priotaskan pengecoran jalan untuk akses pertanian. Ini sesuai dengan aspirasi masyarakat kami yang mayoritas petani,” kata Kuwu Desa Limpas, Tato kepada Radar Indramayu, Selasa (12/11).

Pembangunan jalan beton di Blok Sawah Tengah itu sudah sangat ditunggu karena kelak akan menguntungkan petani. Mereka tak lagi kesulitan mengangkut hasi panen padi karena akses jalan yang sudah baik.

Apalagi jalan dengan lebar 2,5 meter itu akan dapat dilintasi mobil pickup. Hal itu tentunya mempermudah pengangkutan hasil bumi dan menekan biaya transportasi sehingga pendapatan petani bisa lebih maksimal.

“Dulu paling bisa pakai motor, nantinya hasil panen bisa diangkut mobil kecil. Kalau truk belum bisa, nanti jalannya cepat rusak. Efek lain bisa meningkatkan nilai jual tanah sawah, karena aksesnya mudah dilewati mobil,” terangnya.

Pelan tapi pasti, jalan akses pertanian mulai digarap. Sektor pertanian memang menjadi fokus utamanya sejak saat awal-awal suami Sri Adijah itu memimpin Desa Limpas tahun pada 15 Januari 2015 lalu.

Pasalnya, memiliki luas sekitar 450 hektare areal sawah, penduduk di Desa Limpas bergantung pada sektor pertanian. Karenanya keberadaan infrastruktur jalan yang memadai sangat diperlukan dalam menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Program perbaikan jalan akses pertanian tak akan berhenti. Insya Allah betonisasi terus berlanjut dimasa mendatang dan makin gencar digalakkan,” tandasnya. (kho)

News Feed