oleh

Demi RTH, Rela Bongkar Bangunan

INDRAMAYU- Sebanyak 10 kios di sepanjang bangunan pasar lama Jatibarang mulai dibongkar pemilik kois sendiri. Pasalnya, bangunan kios di pasar lama itu merupakan tanah pemerintah yang akan dijadikan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Jatibarang.

Kasi Trantibum Kecamatan Jatibarang Wawan Gunawan melalui anggotanya, Masjidin mengatakan, pembongkaran kios yang masih berdiri di Jalan Mayor Sangun Jatibarang yang secara sukarela dibongkor pemilik guna bangunan.

Sebelumnya, kata Masjidin, para pemilik kios sudah diberikan surat edaran agar pengguna bangunan bisa membongkar sendiri bangunan yang masih masuk kedalam maket plan pembangunan RTH Jatibarang yang sedang berjalan.

“Sudah disurati terus lakukan pendekatan ke pedagang, beri pengertian makanya pedagang mulai bongkar sendiri, sekitar tiga mingguan pedagang membongkar bangunannya,” ucapnya, Selasa (12/11).

Masjidin mengapresiasi kesadaran pedagang  yang sukarela membongkar bangunan yang berdiri di tanah pemerintah yakni lahan eks Pasar Jatibarang, yang akan dialih fungsikan menjadi RTH Jatibarang sehingga menambah keindahan tata ruang Jatibatang jauh lebih menarik.

“Ini bentuk dukungan dari masyarakat Jatibarang, untuk menyukseskan program pembangunan RTH, penuh kesadaran mau membongkar bangunan dan lebih memilih untuk pindah sendiri. Semoga dengan dukungan masyarakat Jatibarang kehadiran RTH bisa membawa dampak yang baik, bisa memacu pertumbuhan di Jatibarang semakin pesat,” ujarnya.

Sementara itu, Ratiman (46) mengatakan, pembongkaran bangunan dilakukan secara sadar dan sukarela oleh pedagang yang selama ini menggunakan bangunan yang berdiri di tanah PU sebagai lahan usaha bertahun-tahun.

“Mau membongkar sendiri tanda kita sadar lahan yang dipakai merupakan lahan milik pemerintah. Ketika pemerintah butuh ya kita hanya guna lahan bangunan saja, ya bagaimanapun harus menyerahkannya lagi,” tukasnya.

Apalagi, kata Ratiman, akan digunakan untuk membangun fasilitas publik, membangun ruang terbuka hijau (RTH) di tengah pusat kota Jatibarang, yang fasilitas di dalamnya dapat di manfaatkan semua kalangan masyatakat di Jatibarang dan Indramayu, “Kita dukung sepenuhnya pembangunan ruang publik RTH Jatibarang yang dilengkapi dengan sarana olahraga dan fasilitas lainnya, sangat di nantikan masyarakat,” ujarnya. (oni)

News Feed