oleh

Puskesmas Harus Fokus Tekan AKI-AKB

-Indramayu-710 views

INDRAMAYU-Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat SH MSi, meninjau langsung pelayanan di Puskesmas Krangkeng, Senin (11/11). Kunjungan tersebut untuk memastikan apakah pelayanan berjalan sebagaimana mestinya dan operasional tidak ada masalah berarti.

Turut mendampingi Plt Bupati Indramayu yakni Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Drs H Wahidin MM, Asisten Ekonomi Pembangunan Kesejahteraan Rakyat Maman Koestaman SH MM, dan Camat Krangkeng Ali Alamudin SH.

Dalam kunjungan tersebut, Taufik Hidayat langsung menuju ruang tunggu, dan menyalami warga yang tengah antri untuk mendapatkan pelayanan. Kemudian berbincang dengan warga yang tengah mengurus rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan.

Selanjutnya, Taufik meninjau beberapa ruangan untuk mengetahui fungsinya. Bahkan, Puskesmas ini telah dilengkapi juga dengan arena bermain anak sebagai Puskesmas Ramah Anak.

Setelah meninjau ruangan utama, Taufik Hidayat meninjau ruangan Poned untuk bersalin dan berbincang akrab dengan warga masyarakat yang tengah menunggu pasien yang melahirkan.

Taufik mengatakan, saat ini seluruh Puskesmas di Kabupaten Indramayu harus memberikan perhatian khusus terhadap penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Balita (AKI-AKB) dan penurunan stunting. Penurunan AKI-AKB dan stunting menjadi tanggungjawab dan komitmen semua pihak.

Di Puskesmas Krangkeng ini secara umum sudah cukup baik. Namun demikian ada beberapa hal yang harus terus ditingkatkan sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indramayu.

“Masih ada beberapa yang harus dipenuhi agar pelayanan bisa lebih maksimal dan masyarakat lebih nyaman terutama untuk sarana Poned. Puskesmas memiliki peranan penting untuk menurunkan AKI dan AKB serta stunting di Kabupaten Indramayu,” tegas Taufik. (oet)

News Feed