oleh

DK Siap Rambah Sektor Hortikultura

-Indramayu-637 views

INDRAMAYU– Pasca memproduksi beras organik dan di pasarkan ke berbagai daerah kini, Komunitas Dharma Kencana (DK)  Indramayu siap rambah ke sektor hortikultura dengan pengolahan ramah lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DK Indramayu Ayi Sumarna SP saat disambangi sejumlah awak media di Sekretariat DK Indramayu Kecamatan Jatibarang, Senin (11/11).

“Kita sudah lama memproduksi beras organik dan sudah mendapatkan sertifikat organik dari lembaga sertifikasi organik nasional Indonesian Organic Farming Certification (Inofice), jadi produk beras yang kita produksi terjamin sehat dikonsumsi,” ucapnya.

Dikatakan Ayi, dengan mengantongi sertifikat organik dari Inofice dapat melambungkan nama produk beras organik yang sudah lebih dari 3 tahun berkecimpung di bidang organik. Sehingga, akan berpengaruh pada harga jual beras di pasaran yang lebih tinggi dibandingkan beras hasil pengolahan secara konvensional.

“Beras organik sudah teruji hasilnya, tinggal DK Indramayu akan merambah ke sektor lainnya, ke tanaman hortikultura, tapi tetap karena DK berkomitmen untuk menghasilkan produk organik, dalam proses pengolahan horti secara ramah lingkungan,” jelasnya.

Masih dikatakan Ayi, anggota DK yang terdiri dari berbagai unsur pegiat petani yang ahli di bidang hortikultura memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kelompok mampu merambah ke sektor agribisnis yang lebih luas, tidak terhenti pada produksi beras organik, tetapi ke produk horti seperti sayuran dan buah-buahan ramah lingkungan.

“Tidak menutup kemungkinan, kearah buah-buahan, yang jelas kita akan coba ke sayuran dulu, memanfaatkan lahan pekarangan atau perkebunan anggota. Sebelumnya dilatih bagaimana pengolahan lahan, penggunaan pupuk organik dan lainnya, sehingga hasilnya benar-benar sehat untuk di konsumsi minimalnya bisa menyentuh predikat sayuran sehat,” bebernya.

Sementara itu, Pegiat Petani Hortikultura Shiqin mengatakan, mengapresiasi langkah komunitas organik DK Indramayu yang ingin merambah sektor hortikultura. “Menarik sekali pengolahan hortikulrltura secara ramah lingkungan, terutama produk sayuran menjadi kebutuhan sehari-hari, yang selama ini banyak hasil sayuran hasil konvensional menggunakan lebih banyak bahan pupuk kimia. Untuk itu saya akan dukung dan bantu pengembangan produk horti dari DK,” katanya. (oni)

News Feed