oleh

Poktan Swadaya Perbaiki Irigasi

-Indramayu-543 views

INDRAMAYU- Kelompok Tani (Poktan) Kriman Maju melakukan perbaikan saluran irigasi sepanjang 500 meter, Minggu (10/11)

Ketua Poktan Kriman Maju, H Nurwedi mengatakan perbaikan irigasi dilakukan untuk mempersiapkan kelancaran pasokan air bagi lahan pertanian seluas 35 hektare di Blok Cimalang dan Blok Bojong Melati Desa Karanggetas Kecamatan Bangodua.

Menurut Nurwedi, langkah perbaikan saluran irigasi di Blok Cimalang, merupakan bentuk perhatian dari Poktan Kriman Maju terhadap saluran irigasi yang belum tersentuh perbaikan. Kondisi itu, memacu kelompoknya untuk melakukan perbaikan secara swadaya dari para anggota.

“Murni semuanya dari hasil swadaya anggota kami Poktan dan Gapoktan dilaksanakan di dua blok, Blok Cimalang sepanjang 100 meter dan Blok Bojong Melati diperkirakan sepanjang 400 meter,” ungkap Nurwedi.

Dikatakannya, perbaikan saluran irigasi jaringan usaha tani, dapat memperlancar akses pasokan air yang lebih maksimal kepada petani di dua blok, karena selama ini rusaknya saluran dan semakin dangkalnya irigasi menghambat pasokan air, dan terbuang sia-sia.

“Saluran irigasi jadi infrastruktur utama sangat dibutuhkan petani, sedangkan kondisinya sangat memprihatinkan sekali. Terbengkalai pemeliharaan tidak ada. Untuk itu kita lakukan upaya sendiri, merevitalisasi saluran irigasi yang rusak, agar bisa kembali normal dan bisa menunjang kebutuhan air petani,” ujarnya.

Nurwedi berharap melalui kegiatan swadaya perbaikan saluran irigasi yang digagas kelompoknya mampu menunjang kebutuhan air bagi petani di Blok Cimalang dan Blok Bojong Melati. Sehingga, bisa meningkatkan hasil produktivitas tanaman padi, dengan hasil yang lebih tinggi. (oni)

News Feed