oleh

PMR Smanja Gelar Jangkar Season 2

-Indramayu-836 views

INDRAMAYU– Untuk kedua kalinya, Palang Merah Remaja (PMR) Kelompok 095 SMA Negeri 1 Anjatan (Smanja) kembali menggelar Ajang Ketangkasan Relawan (Jangkar) se-Jawa Barat, DKI dan Banten, Sabtu (9/11).

Diikuti sekitar 800 peserta PMR Wira dan Madya dari sebanyak 20 SMP/MTs dan 23 SMA/SMK/MA, event Jangkar Season 2 kali ini memperlombakan 5 cabang kompetisi. Yaitu tandu darurat, olimpiade kepalangmerahan, pertolongan pertama, perawatan keluarga dan ayo siaga bencana.

Acara pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh kepala SMAN 1 Anjatan H Rastani SPd MPd serta dimeriahkan penampilan heboh Seni Angklung Sanggar Seni Born Peace (SSBP) Smanja.

Ketua pelaksana Widiyanti didampingi pembina PMR Smanja, Nining Wigianingsih SPd menjelaskan, semua lomba yang dipertandingkan untuk meningkatkan kreativitas serta pemahaman terhadap kemampuan yang dimiliki setiap anggota PMR. Yaitu kegiatan aplikasi lapangan, uji kemampuan atau ketangkasan terhadap materi kepalangmerahan.

“Karena itu lewat event Jangkar ini bertujuan untuk menyamakan persepsi materi kepalangmerahan. Uji kemampuan, pemusatan pengetahuan kepalangmerahan sekaligus sebagai ajang menjalin persahabatan anggota PMR,” terang Widiyanti.

Mengangkat tema ‘Relawan Cinta Sehat’ kegiatan Jangkar ini diharapkan memberikan wawasan baru kepada seluruh peserta maupun para pembina PMR Wira dan Madya.

Event sehari penuh yang berakhir hingga malam hari itu akhirnya menempatkan SMKN 1 Jatibarang sebagai juara umum tingkat Wira. Sedangkan juara umum tingkat Madya diraih MTS N 1 Subang.

Sementara itu, Kepala Smanja H Rastani SPd MPd menyatakan dukungannya atas kembali terselenggarannya event Jangkar Season 2 yang

merupakan agenda rutin dua tahunan PMR Kelompok 095 SMA Negeri 1 Anjatan.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para agen perubahan kebersihan dan kesehatan di sekolahnya masing-masing dalam rangka mengaktualisasikan kompetensinya terutama dalam hal olah ketangkasan secara praktis yang sangat bermanfaat untuk kemanusiaan seperti ketangkasan merakit tandu, tanggap bencana, dan lain-lain,” jelasnya.

Konsep kegiatan tahun ini adalah mengisi waktu senggang peserta didik saat hari libur dengan berkompetisi dalam balutan silaturahmi dan penuh kegembiraan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Rastani memberikan apresiasi dan terimakasih kepada segenap pihak yang telah berpartisipasi baik langsung maupun tidak langsung sehingga gelaran Jangkar Season 2 tahun 2019 berjalan secara sukses. “Semoga pada gelaran berikutnya bisa melampaui kesuksesan penyelenggaraan tahun ini,” harapnya. (kho)

News Feed