oleh

Plt Bupati Indramayu Komitmen Lanjutkan Pemekaran

INDRAMAYU-Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi menyatakan kesiapannya meneruskan program dan kebijakan bupati sebelumnya. Termasuk mewujudkan rencana pembentukan calon daerah persiapan (CDP) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar).

Komitmen itu disampaikannya saat menerima jajaran Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) di Kompleks Gedung Sekretariat Daerah Pemkab Indramayu, Kamis (7/11).

Dalam pertemuan itu, Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat juga meminta PPKIB untuk terus memberi masukan dan melaporkan progress perkembangan tahapan pemekaran Bumi Wiralodra yang saat ini telah diajukan ke Pemprov Jawa Barat.

“Saya menegaskan dukungan penuh rencana pemekaran daerah. Jadi jangan diragukan lagi. Mohon juga beri masukan perkembangan rencana pembentukan Kabupaten Inbar. Laporkan langsung kesaya,” pintanya.

Ketua PPKIB Sukamto SH mengapresiasi komitmen Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat terhadap rencana pemekaran daerah yang saat ini masih terus berjalan. Bahkan secara tegas pula, dia bersama jajaran mendukung dan siap membantu kepemimpinan Plt Bupati Indramayu sampai tuntas masa akhir jabatan.

Sukamto mengungkapkan, komitmen Taufik Hidayat yang juga mantan ketua DPRD Kabupaten Indramayu terhadap rencana pemekaran tidak usah diragukan lagi. Selama kepemimpinnya menjadi ketua dewan periode 2014-2019 turut mendorong terbitnya persetujuan bupati Indramayu di masa kepemimpinan Hj Anna Sophanah.

Di ujung akhir jabatannya sebagai ketua dewan pula, lahir persetujuan bersama pembentukan calon daerah persiapan Kabupaten Inbar antara DPRD dan Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi.

“Pak Taufik Hidayat ini termasuk sosok yang turut berjasa dalam mewujudkan rencana pemekaran daerah sampai terwujudnya persetujuan bersama pembentukan calon daerah persiapan Kabupaten Inbar antara DPRD dan Bupati Indramayu,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, Pemkab Indramayu untuk terus mengawal pemekaran Bumi Wiralodra yang saat ini dokumen persyaratannya telah resmi diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sejatinya, kata Sukamto, dengan telah dilimpahkannya proses pemekaran ke Pemprov Jabar, maka tugas PPKIB telah selesai. Namun sebagai bentuk tanggung jawab moral, maka dia bersama jajaran PPKIB tetap berkomitmen untuk terus mengawal lewat berbagai jalur yang ada.

Salah satunya melalui Forum Koordinasi Daerah Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (Forkoda PP DOB) Provinsi Jawa Barat. Dimana dia bersama beberapa pengurus PPKIB dipercaya menjadi pengurus.

Lewat forum yang beranggotakan 16 Calon Daerah Persiapan (CDP) se-Jawa Barat ini, PPKIB bersinergi untuk mendorong rencana pemekaran Kabupaten Indramayu menjadi prioritas. Sebab sejauh ini, dokumen adminstrasi persyaratan pemekaran Kabupaten Indramayu dinilai paling lengkap dibanding daerah lain. (kho)

News Feed