oleh

Kafilah Kroya Targetkan Tiga Emas

-Indramayu-713 views

INDRAMAYU-Kecamatan Kroya menargetkan perolehan 3 emas pada penyelenggaraan MTQ ke-51 tingkat Kabupaten Indramayu yang bakal dilaksanakan di Kecamatan Balongan pada bulan November 2019 ini.

Target itu disampaikan Camat Haryono SH saat acara pembukaan MTQ ke-5 tingkat Kecamatan Kroya yang ditandai pemukulan bedug oleh Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH, Rabu (6/11).

“Tahun lalu kita berhasil mendapat satu medali emas dari cabang tilawah dewasa. Pada tahun 2019 ini targetnya ditingkatkan menjadi 3 emas,” kata Camat Haryono.

Bukan tanpa sebab. Dibanding tahun sebelumnya, persiapan para kafilah serta pembinaan MTQ semakin masif hingga ke desa-desa. Disisi lain, Kecamatan Kroya ternyata memiliki potensi kafilah yang luar bisa hanya saja belum digali secara maksimal. “Kafilah dari Kecamatan Kroya akan membuat gebrakan pada MTQ tingkat kabupaten nanti,” tegasnya.

Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat SH mendukung ambisi kafilah Kecamatan Kroya untuk tampil menjadi yang terbaik pada MTQ tingkat kabupaten nanti.

Bahkan, dia menjajikan bonus umrah bagi para kafilah asal Kecamatan Kroya yang berhasil meraih juara 1 di setiap cabang MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Pemkab menyiapkan empat tiket umrah bagi para juara setiap cabang MTQ provinsi. Ini sebagai bentuk penghargaan kepada para kafilah yang telah mengharumkan nama daerah,” katanya.

Taufik Hidayat menegaskan, keseriusan Pemkab Indramayu terakit dengan syiar Islam diwujudkan dengan menggelontorkan berbagai program. Mulai dari mengalokasikan anggaran untuk honor guru madrasah, berjilbab bagi wanita muslim sampai kebijakan mengaji 15 menit bagi para ASN maupun pelajar sebelum memulai aktivitas.

Termasuk juga dengan mendukung penyelenggaraan MTQ disetiap kecamatan. MTQ juga menjadi syiar dalam mengaktualisasikan ajaran dan nilai yang terkandung dalam Alquran. Dan secara kultural MTQ juga menjadi ajang silaturahim antara ulama, santri, masyarakat dan pemerintah.

Diapun memberikan apresiasi atas antusiasme kafilah, ofisial, pemerintah desa dan masyarakat maupun kepada para panitia pelaksana yang mengemas kegiatan MTQ dengan penuh semarak. Hal ini menjadi gambaran bahwa masyarakat Indramayu sangat mencintai Alquran. (kho)

 

News Feed