oleh

Seribu Offroader Napak Tilas Pahlawan Sentot

-Olahraga-256 views

INDRAMAYU-Polsek Gantar Trail Adventure (PG-TrAC) sukses menghelat one day trail adventure bertajuk Napak Tilas Pahlawan Sentot (NAPAS#1), Sabtu (2/11).

Seribuan offroader tepatnya sebanyak 1050 peserta ambil bagian dalam ajang trail adventure jelajah hutan menyemarakkan Hari Pahlawan sekaligus rangkaian acara Hari Jadi ke-492 Kaupaten Indramayu dan HUT ke-74 TNI.

Tak hanya dari Kabupaten Indramayu, peserta berasal dari sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Banten.

Mengambil start dan finish di Lapangan Mapolsek Gantar Desa Mekarwaru, peserta dilepas Kapolres Indramayu AKBP M Yoris MY Marzuki melalui Kapolsek Gantar Iptu Saefullah SH MAP.

Turut hadir Dir Intelkam Polda Jabar, Kombes Pol Arif Rahman SIK, Kasdim 0616 Indramayu Mayor Inf Ruhiyat, Kasat Pol Air Indramayu AKP I Nyoman Oka SH, Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu Yoga Rahadiansyah SH, Presiden PMI Talan Budiyanto serta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Gantar.

Berhadiah utama 1 unit mobil dan 2 unit sepeda motor, acara juga disemarakkan dengan live musik menghadirkan bintang pantura Dian Anic dan Noor Elfathony. “Alhamdulillah, semarak dan sukses. Ini berkat dukungan semua pihak. Mulai dari panitia, teman-teman komunitas trail sampai pendukung NAPAS,” kata Kapolsek Gantar Iptu Saefullah SH MAP didampingi Ketua PG-TrAC Benny Andriyanto.

Event terabas bareng yang baru pertama kali dihelat ini, merupakan inisiasi dari PG-TrAC yang terdiri dari empat komunitas trail yang ada di wilayah Kecamatan Gantar. Yaitu BSR, Batara Indra, Sigatra dan Dua Putri Balap.

Empat komunitas trail ini awalnya hanya sekedar kumpulan para pehobi dan olahraga motor trail. Kemudian setelah bersinergi dengan Polsek Gantar, ikut membantu dan berperan aktif memelihara kamtibmas di wilayah Kecamatan Gantar terutama di wilayah pangkuan hutan. Baik dengan cara patroli gabungan TNI, Polri, Perhutani dan komunitas Trail, pemetaan potensi konflik dan sebagainya.

“Sinergitas ini sangat dirasakan dengan menurunnya grafik angka kriminalitas baik kejahatan konvensional, kebakaran lahan dan hutan, penyerobotan lahan serta konflik sosial hutan dapat diantisipasi dengan baik di wilayah hukum Polsek Gantar,” katanya.

Karena itu, melalui event NAPAS #1 oleh PG-TrAC ini sebagai wujud kepedulian Polsek Gantar membangun kebersamaan seluruh komunitas trail yang ada di wilayah Kabupaten Indramayu Jawa Barat serta nasional.

“Acara ini juga untuk memperarat tali silaturahmi antar offroader dan menguatkan sinergitas komunitas trail denga pihak kepolisian dalam konsep menjaga lingkungan yang aman, melestarikan hutan serta menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya. (kho)

 

News Feed