oleh

Seleksi Kafilah, Pemcam Sukra Helat Acara MTQ

INDRAMAYU-Kecamatan Sukra menargetkan dapat menembus papan atas pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-51 tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2019.

Target itu disampaikan Camat Drs H Achmad Mansyur MSi saat acara pembukaan MTQ ke-5 tingkat Kecamatan Sukra yang ditandai pemukulan beduk oleh Plt Bupati Indramayu, H Taufik Hidayat SH, kemarin.

“Tahun lalu kita berhasil mendapat empat piala. Insya Allah, MTQ tingkat Kabupaten tahun ini kita bisa masuk posisi papan atas,” katanya.

Camat Achmad Mansyur secara tegas tidak mau asal tunjuk dalam menentukan calon kafilah yang akan menjadi duta Kecamatan Sukra. Karenanya, MTQ tingkat kecamatan ini menjadi ajang seleksi sekaligus mengukur kemampuan para peserta yang merupakan perwakilan masing-masing desa se-Kecamatan Sukra.  Sebanyak 144 kafilah ambil bagian pada sejumlah cabang dan kategori yang diperlombakan.

Berbeda tahun sebelumnya, pelaksanaan MTQ ke-5 yang bertempat di komplek kantor Pemerintah Desa Sumuradem ini dihelat semarak. Sehari sebelumnya dilaksanakan pawai taaruf yang diikuti ratusan peserta. “Memotivasi para peserta, panitia menyiapkan piala tetap dan bergilir yang bisa menjadi hak milik jika tiga kali berturut-turut menjadi juara umum,” terangnya.

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH mengatakan, MTQ yang digelar setiap kecamatan merupakan ajang untuk mencari kafilah asli putera daerah.

Karena itu, Pemkab Indramayu mengambil kebijakan melaksanakan seleksi MTQ dimulai dari tingkat kecamatan.

Hal ini sebagai upaya untuk mencari kafilah putra daerah yang berprestasi dan mengetahui sampai sejauh mana pola pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) kecamatan dan desa. Harapannya, melalui pelaksanaan yang dilakukan secara berjenjang tersebut juga sebagai upaya mengetahui pemetaan dan potensi kafilah yang ada di kecamatan.

“Tapi yang terpenting lagi bukan hanya sekadar sebagai sebuah kejuaran. Adanya MTQ juga diharapkan menumbuhkan kecintaan untuk mempelajari dan memahami isi kandungan Alquran sehingga kedepan akan tumbuh generasi yang qurani,” terangnya. (kho)

News Feed