oleh

Sampah Menumpuk di Saluran Irigasi, Warga Minta Instansi Terkait Bertindak

INDRAMAYU-Saluran irigasi Bugel dipenuhi sampah. Bahkan, di pintu air di Blok Talang Damai Desa Bugel Kecamatan Patrol, sampah yang menumpuk tertahan penyaring besi di irigasi.

Selain menghambat aliran, keberadaan limbah sampah di lokasi tersebut menebarkan bau tidak sedap dan menggangu kesehatan warga sekitar. Pasalnya, pintu air Talang Damai berada di tengah-tengah pemukiman penduduk.

Siswo, warga setempat mengeluhkan tumpukan sampah pada pintu air tersebut. Karena, hari-harinya menghirup bau tidak sedap. Rumah Siswo dan beberapa warga lainnya letaknya sangat dekat dengan pintu air Talang Damai.

“Setiap hari, saya dan istri serta anak-anak dibuat mual akibat mencium bau tak sedap dari tumpukan sampah itu. Limbah itu bukan hanya sampah saja, tapi juga terdapat bangkai hewan,” ujarnya, Minggu (3/10).

Warga lainnya, Didit menambahkan,

pihak atau instansi terkait terkesan membiarkan limbah sampah rumah tangga menumpuk di pintu air tersebut.

Padahal keberadaan sampah itu, selain merugikan warga, juga menghambat aliran air yang diperuntukan buat memenuhi kebutuhan petani. Apalagi, kata Didit, jelang musim hujan sampah yang menumpuk itu bisa mengakibatkan banjir karena menghambat saluran air.

“Kalau terus-terusan begitu, sampah dibiarkan menumpuk, kesehatan warga terganggu dan bisa menimbulkan banjir. Karena setiap hari, bahkan setiap waktu, warga harus menghirup bau busuk dari tumpukan sampah itu,” kata Didit.

Dengan kondisi tersebut, tanpa adanya upaya pengurasan dan pembersihan oleh pihak terkait, menurut Didit, warga akhirnya merasa kesal. Meski demikian, warga masih berharap kepada pihak terkait, untuk membersihkan limbah sampah yang terus menumpuk itu. (kom)

 

News Feed